Kompas.com - 25/05/2021, 20:30 WIB
Waduk Rowo Jombor di Kabupaten Klaten, Jawa Tengah. KOMPAS.com/ANGGARA WIKAN PRASETYAWaduk Rowo Jombor di Kabupaten Klaten, Jawa Tengah.

KOMPAS.com - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Klaten, Jawa Tengah, berencana menata ulang kawasan wisata Waduk Rowo Jombor.

Rencananya, warung apung yang ada di lokasi tersebut bakal ditata dan dipindah ke daratan.

"Setelah adanya tim sosialisasi dari Pemerintah Provinsi, baru kita mulai sosialisasikan soal penataan warung apung dan perlahan mulai memindahkan warung apung ke daratan," kata Pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinas Budaya Pariwisata dan Pemuda Olahraga (Disbudparpora) Klaten Sri Nugroho dikutip dari Kompas.com, Jumat (21/5/2021).

Adapun sejumlah rencana pelaksanaan revitalisasi Waduk rowo Jombor di tahun 2021 di antaranya adalah pembangunan Plaza Kuliner, pembuatan pedestrian dan talud keliling Rowo juga pembangunan pelabuhan di dua lokasi.

Rowo Jombor merupakan sebuah waduk dengan luas 198 hektar dan memiliki kedalaman hingga 4,5 meter.

Mengutip dari laman Jatengprov, pada zaman dahulu, Rowo Jombor dibangun untuk menampung air dan sungai-sungai di sekitarnya serta mengendalikan banjir.

Saat kemarau, waduk dialihkan untuk mengairi sawah. Berjalannya waktu, waduk ini juga dimanfaatkan untuk perikanan dan pariwisata.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Lantas, apa saja pesona dari Rowo Jombor?

Baca juga: Warung Apung Legendaris di Rowo Jombor Bakal Tinggal Kenangan, Kenapa?

1. Jajaran warung apung

Saat ini, ada sebanyak 21 warung apung yang bisa didatangi saat berkunjung ke Rowo Jombor.

Sejumlah hal yang bisa dilakukan saat berada di warung apung di antaranya pengunjung bisa menikmati berbagai menu hidangan ikan air tawar yang ada di sana sembari menikmati suasana waduk.

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.