Ramai Tere Liye Kritik Buku Bajakan di E-commerce, Ini Kata Tokopedia dan Lazada

Kompas.com - 25/05/2021, 18:00 WIB
Penulis novel Tere Liye bicara dalam seminar nasional kepenulisan di Gedung Olahraga Universitas Malikussaleh, Cunda, Kota Lhokseumawe, Aceh, Sabtu (16/12/2017) Kompas.com/MasriadiPenulis novel Tere Liye bicara dalam seminar nasional kepenulisan di Gedung Olahraga Universitas Malikussaleh, Cunda, Kota Lhokseumawe, Aceh, Sabtu (16/12/2017)

KOMPAS.com - Maraknya buku bajakan yang dijual di laman-laman e-commerce mengundang reaksi keras dari salah satu penulis Indonesia, Tere Liye.

Melalui laman Facebooknya, penulis novel Kau, Aku dan Sepucuk Angpau Merah itu mengunggah serangkaian tulisan bernada keras terhadap pembajakan buku, termasuk pembeli buku bajakan.

Salah satunya dapat dilihat pada unggahan laman Facebook Tere Liye, Minggu (23/5/2021).

"Buku Tere Liye yang dijual di Tokopedia, Bukalapak, Shopee, Lazada, dll dengan harga Rp 20.000 s/d Rp 30.000, nyaris 100% bisa dipastikan bajakan," kata Tere Liye.

"Kalian dungu sekali kalau sampai membelinya. Kalian membuat kaya penjual buku bajakan. Jika kalian tidak punya uang, PINJAM bukunya ke teman, perpus, dll. Atau baca di ipusnas (aplikasi online Perpustakaan Indonesia). GRATIS. Jangan malah mensupport tukang bajak," lanjut dia.

"Paham di mana gobloknya kalian? Ada yang gratis, eh malah beli bajakan. Buku bajakan itu sepeser pun tidak bayar pajak, royalti, dll," pungkas Tere Liye.

Baca juga: Video Viral Kampung Nelayan dengan Deretan Rumah Mewah di Pati, Ini Cerita di Baliknya

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Unggahan Tere Liye yang bernada keras itu lantas mengundang reaksi beragam dari warganet.

Ada warganet yang menyebutkan bahwa Tere Liye keliru jika menyalahkan pembeli buku bajakan, dan menyebut para pembeli itu sebagai orang dungu.

"Saya tau anda lelah dgn isu ini, tapi alih-alih mengedukasi dgn baik, anda malah memilih menggunakan kata kasar...

Kalau anda lelah menghadapi isu pembajakan, berhenti saja menulis, mgkin jualan kopi susi akan lebih laku.

Halaman:

25th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X