Jaya Suprana
Pendiri Sanggar Pembelajaran Kemanusiaan

Penulis adalah pendiri Sanggar Pembelajaran Kemanusiaan.

Burung Hantu Imut Mahakarya Durer

Kompas.com - 25/05/2021, 13:13 WIB
Lukisan cat air burung hantu kayar Albrecht Durer. www.albrechtdurer.org/little-owlLukisan cat air burung hantu kayar Albrecht Durer.

SATU di antara mahakarya akuarel Albrecht Durer berlabel tahun 1508 yang kini dipamerkan di Museum Albertina, Wina, Austria menampilkan sosok seekor burung hantu bersosok kecil mungil alias imut.

Olesan cat air bertema satwa belum terlalu populer di masa Rennaisance apalagi di luar Italia yang lebih mengutamakan obyek manusia.

Memang sebutan hantu pada nama burung hantu di dalam bahasa Indonesia terkesan menakutkan bahkan menyeramkan.

Namun pada hakikatnya penampilan ragawi burung hantu tidak selalu menyeramkan bahkan ada yang imut sehingga digemari sebagai hewan peliharaan domestik seperti anjing dan kucing.

Bahkan para petani sengaja memelihara burung hantu jenis pemburu sebagai pembasmi hama tikus.

Ada pula jenis burung hantu hidup di dalam tanah lebih mahir menggali tanah dan berlari dengan dua kaki ketimbang terbang seperti yang kerap ditemukan di lapangan golf.

Takhayul

Di ranah takhayul burung hantu sering dianggap sebagai pembawa sial bahkan maut. Apabila terdengar suara burung hantu maka banyak manusia menganggapnya sebagai omen bahwa akan ada manusia yang meninggal.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Takhayul semacam itu cukup kuat bertahan untuk diyakini sebab memang setiap insan selalu ada manusia yang meninggalkan dunia fana ini.

Mayoritas pribumi benua Amerika dari utara sampai selatan meyakini aura kematian hadir pada burung hantu maka kerap digunakan sebagai dongeng menakut-nakuti anak-anak agar jangan nakal agar tidak dimangsa burung hantu.

Meski ada pula suku pribumi Amerika yang menakhayulkan burung hantu sebagai lambang infertilitas maka meletakkan burung hantu sebagai mahkota totem.

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.