Kompas.com - 24/05/2021, 15:26 WIB

KOMPAS.com - Merespons dugaan kebocoran 279 juta data pribadi milik anggota BPJS Kesehatan, sebuah laman untuk mengecek status kebocoran data akun BPJS Kesehatan dibuat.

Laman yang dapat diakses di alamat https://periksadata.com/bpjs/ itu diinisiasi oleh Teguh Aprianto, peneliti keamanan siber dan pendiri hack.co.id.

Teguh mengatakan, alasannya membuat situs pengecekan kebocoran data BPJS Kesehatan tersebut adalah untuk membantu masyarakat Indonesia yang membutuhkan.

"Sebenarnya yang beginian tugas pemerintah, tapi karena mereka tak memberikan solusi sama sekali, jadinya ya harus seperti biasa, warga bantu warga," kata Teguh saat dihubungi Kompas.com, Senin (24/5/2021).

Teguh mengatakan, laman tersebut dibuat karena banyak orang yang perlu memastikan apakah mereka terdampak kasus dugaan kebocoran data BPJS Kesehatan atau tidak.

Baca juga: Update Data Penduduk Bocor: Ini Hasil Pemanggilan BPJS Kesehatan oleh Kominfo

Membandingkan data

Teguh mengatakan, pencocokan data pada laman tersebut dilakukan dengan membandingkan sampel 1 juta data yang tersebar di forum daring Raid Forums beberapa waktu lalu.

"Sumber data yang tersedia saat ini hanya 1 juta data yang bersumber dari sampel yang diberikan oleh pelaku," kata Teguh.

Untuk mengetahui apakah data mereka termasuk dalam 1 juta sampel data yang bocor itu, masyarakat cukup mengisi nomor keanggotaan BPJS Kesehatan pada laman https://periksadata.com/bpjs/

Halaman Selanjutnya
Halaman:

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.