Sejarah Terbentuknya ATM Link hingga Pemberlakuan Tarif Transaksi

Kompas.com - 23/05/2021, 20:30 WIB
Menteri BUMN Rini Soemarno bersama para direktur utama bank-bank BUMN, Senin (21/12/2015). KOMPAS.com / Yoga SukmanaMenteri BUMN Rini Soemarno bersama para direktur utama bank-bank BUMN, Senin (21/12/2015).

KOMPAS.com - Per 1 Juni 2021, transaksi perbankan melalui ATM Link milik Himpunan Bank-Bank Negara (Himbara) akan dikenai tarif tersendiri.

Bank-bank negara itu terdiri dari 4 bank: BRI, BNI, Bank Mandiri, dan BTN.

Transaksi cek saldo akan dikenai tarif Rp2.500, tarik tunai dikenai tarif Rp5.000, dan transaksi transfer antar bank dikenai tarif Rp4.000. Untuk jenis transaksi terakhir tidak ada perubahan tarif, sementara transaksi cek saldo dan tarik tunai di AMT link sebelumnya tidak dikenai tarif alias gratis.

Baca juga: Batas Akhir Penggantian dan Cara Penukaran Kartu ATM Lama BRI, Mandiri, BNI, dan BCA

Sejarah ATM himbara

Keberadaan ATM Himbara ini ada sejak 21 Desember 2015.

Membuka kembali arsip Harian Kompas edisi 22 Desember 2015, penyatuan bank-bank BUMN ini dilakukan atas tujuan efisiensi perbankan, menguntungkan nasabah, dan memenangkan persaingan pasar.

"Efisiensi adalah sebuah langkah penting bagi perbankan untuk menaikkan daya saing dan untuk mengantisipasi persaingan global yang sebentar lagi datang. Tak hanya menguntungkan bank, efisiensi juga akan menguntungkan nasabah,” kata Ketua Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (OJK) saat itu, Muliaman D. Hadad.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dengan penggabungan ini, maka biaya operasional yang dikeluarkan akan lebih murah.

Direktur Utama BRI saat itu, Asmawi Syam, menyatakan pengelolaan ATM secara bersama-sama dapat menghemat biaya pembelian dan pengelolaan ATM hingga Rp6,8 triliun per tahun, karena biaya dibebankan kepada 4 bank.

Biaya pengelolaan meliputi biaya kertas setruk ATM, listrik, pemakaian pendingin udara, ongkos perbaikan, dan sebagainya.

Di awal keberadaannya, ATM yang masih bernana ATM himbara ini hanya terdapat di DKI Jakarta dan sekitarnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X