Perbandingan Biaya di ATM Link, Bersama, hingga Alto, Mana Paling Murah?

Kompas.com - 22/05/2021, 13:45 WIB
Petugas kebersihan menyemprotkan cairan disinfektan di sebuah mesin ATM di Pasar Palmerah, Jakarta, Jumat (26/6/2020). Pengelola Pasar Palmerah menutup sementara pasar tersebut dari Kamis (25/6) hingga Sabtu (27/6) menyusul sembilan orang pedagang terkonfirmasi positif COVID-19 dalam tes usap yang dilakukan sebelumnya. ANTARA FOTO/MUHAMMAD ADIMAJAPetugas kebersihan menyemprotkan cairan disinfektan di sebuah mesin ATM di Pasar Palmerah, Jakarta, Jumat (26/6/2020). Pengelola Pasar Palmerah menutup sementara pasar tersebut dari Kamis (25/6) hingga Sabtu (27/6) menyusul sembilan orang pedagang terkonfirmasi positif COVID-19 dalam tes usap yang dilakukan sebelumnya.

KOMPAS.com - Empat bank BUMN atau Himpunan Bank Milik Negara (Himbara) yaitu Bank Mandiri, BNI, BRI, dan BTN yang tergabung ke dalam ATM Link akan melakukan penyesuaian biaya transaksi mulai 1 Juni 2021.

Keempat bank pelat merah tersebut menerapkan biaya yang sama untuk transaksi cek saldo sebesar Rp 2.500 dan tarik tunai Rp 5.000 di mesin ATM Himbara yang berbeda dan ATM Link, dari semula Rp 0 atau gratis.

ATM Link merupakan semua ATM milik empat bank negara tersebut, yang telah tersebar di seluruh wilayah Indonesia.

Sebagai informasi, di Indonesia sendiri ada sejumlah mesin dan jaringan ATM yang bisa digunakan. Selain ATM Link, ada juga ATM Bersama, ATM Alto, dan ATM Prima.

Baca juga: Rincian Biaya Transaksi Bank BUMN di ATM Link Per 1 Juni 2021: Cek Saldo Rp 2.500, Tarik Tunai Rp 5.000

Lantas, bagaimana perbandingan biaya di sejumlah ATM tersebut?

ATM Link

Berdasarkan pantauan Kompas.com, penyesuaian tarif transaksi ATM Link akan berlaku mulai 1 Juni 2021 untuk seluruh Bank Himbara.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Bank BTN juga memberikan informasi perubahan biaya transaksi ATM Link melalui situs resminya.

Sebelumnya, cek saldo tidak dikenai biaya alias gratis, namun setelah kebijakan berlaku maka untuk transaksi ini dikenai biaya Rp 2.500.

Sementara transaksi tarik tunai juga akan mengalami perubahan tarif dengan dikenai biaya sebesar Rp 5.000, dari sebelumnya gratis.

Untuk transfer dikenai tarif Rp 4.000, yang berarti tidak ada perubahan biaya transaksi.

Biaya transaksi ini akan didebet langsung dari rekening nasabah pada saat nasabah melakukan transaksi.

Menurut situs resmi Bank BTN, kebijakan akan berlaku seterusnya sampai dengan adanya perubahan di kemudian hari.

Bagi nasabah Bank BTN, biaya transaksi akan berlaku bagi yang melakukan transaksi di ATM Bank Himbara lain (Bank Mandiri, BRI, BNI) atau ATM Link.

Baca juga: Berlaku 1 Juni, Ini Alasan Cek Saldo dan Transaksi ATM Link Tak Lagi Gratis

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.