Studi: Rata-rata Kematian Pasien Covid-19 Sakit Parah di Afrika Lebih Tinggi

Kompas.com - 22/05/2021, 13:06 WIB
Ilustrasi virus corona menyebabkan pembekuan darah. SHUTTERSTOCK/Design_CellsIlustrasi virus corona menyebabkan pembekuan darah.

KOMPAS.com - Sebuah studi yang dilakukan Groote Schuur Hospital and the University of Cape Town, mengungkapkan, pasien Covid-19 yang sakit parah di negara-negara Afrika lebih mungkin meninggal dunia daripada benua lain, karena kurangnya peralatan dalam kondisi kritis.

Populasi Afrika sejauh ini tidak banyak terpukul oleh pandemi dibandingkan wilayah lain dari sisi jumlah total kasus dan kematian.

Akan tetapi, penulis studi itu menyebutkan, tingkat kematian mereka yang sakit lebih tinggi.

"Studi kami adalah yang pertama memberikan gambaran rinci dan komprehensif tentang apa yang terjadi pada orang yang sakit parah dengan Covid-19 di Afrika," kata Bruce Biccard dari Groote Schuur Hospital and the University of Cape Town, dikutip dari AFP.

Baca juga: Polisi Bongkar Mafia Vaksin Covid-19 Palsu di Afrika Selatan

"Sayangnya, ini menunjukkan bahwa kemampuan kami untuk memberikan perawatan yang memadai dikompromikan oleh kekurangan tempat tidur perawatan kritis dan sumber daya yang terbatas di dalam unit perawatan intensif," lanjut dia.

Studi ini melibatkan 3.000 pasien Covid-19 yang dirawat di unit perawatan intensif di 10 negara Afrika antara Mei hingga Desember 2020.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Hampir setengah dari pasien-pasien itu meninggal dalam waktu 30 hari setelah masuk rumah sakit.

Ketika para peneliti membandingkan temuan mereka dengan studi terkait dari benua lain, mereka menemukan tingkat kematian lebih rendah di tempat lain.

Rata-rata 31,5 persen pasien sakit kritis meninggal dunia setelah masuk ke perawatan intensif di Asia, Eropa dan Amerika, dibandingkan dengan 48,2 persen di negara-negara Afrika.

Biccard menuturkan, akses yang buruk pada penyelematan dapat menjadi faktor yang menyebabkan kematian pasien ini.

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.