Update Kerusakan Gempa Blitar Magnitudo 5,9 dan Analisis Penyebabnya...

Kompas.com - 22/05/2021, 11:41 WIB
Ilustrasi Gempa Bumi KOMPAS/FRANSISKUS PATI HERINIlustrasi Gempa Bumi

KOMPAS.com - Gempa bumi berkekuatan 5,9 (dimutakhirkan, sebelumnya 6,2) mengguncang sebagian wilayah Jawa Timur, Jawa Tengah, dan DI Yogyakarta pada Jumat (21/5/2021) pukul 19.09 WIB.

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menyebutkan, pusat gempa berada di 57 km sebelah tenggara Kabupaten Blitar, Jawa Timur.

Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB Raditya Jati mengatakan, pihaknya telah menerima laporan kerusakan sejumlah bangunan dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD Jawa Timur akibat gempa tersebut.

Baca juga: Gempa Blitar Magnitudo 6,2 dan Daerah yang Merasakan Getaran...

Selain kerusakan bangunan, BNPB juga menerima laporan bahwa gempa tersebut mengakibatkan satu orang warga luka berat dan satu orang warga luka ringan.

"Hingga saat ini, BNPB terus melakukan koordinasi dan memonitor penanganan pascagempa di wilayah Jawa Timur," kata Raditya dalam keterangan resmi yang diterima Kompas.com, Sabtu (22/5/2021) pagi.

Raditya menambahkan, pihaknya masih terus memantau dan menggali informasi terkait perkembangan dampak gempa berdasarkan informasi yang dihimpun BPBD setempat.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca juga: Gempa Magnitudo 6,2 Guncang Blitar, Jawa Timur, BMKG: Hati-hati Gempa Susulan

Kerusakan rumah dan fasum

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jawa Timur menyebutkan, akibat gempa Blitar tersebut, sejumlah rumah warga dan fasilitas umum di Jatim mengalami kerusakan dengan tingkat bervariasi.

Berikut informasi kerusakan bangunan dan fasum yang dihimpun oleh BPBD Jawa Timur hingga Sabtu (22/5/2021) pukul 00.30 WIB:

Kabupaten dan Kota Blitar

Tangkapan layar peringatan gempa bumi bermagnitudo 6,2 di Blitar, Jawa Timur.bmkg.go.id Tangkapan layar peringatan gempa bumi bermagnitudo 6,2 di Blitar, Jawa Timur.

  • Di Kabupaten Blitar, tercatat 1 unit rumah rusak berat dan 28 unit lainnya mengalami kerusakan ringan.
  • Kerusakan juga terjadi pada bangunan umum, meliputi 2 unit fasilitas pendidikan, 1 unit fasilitas kesehatan, 1 tempat ibadah, dan 3 fasilitas umum lain.
  • Adapun di Kota Blitar, jumlah rumah rusak sedang teridentifikasi sebanyak 3 unit.

Baca juga: Berkaca dari Gempa di Rangkasbitung dan Jepara, Mengapa Indonesia Kerap Dilanda Gempa Bumi?

Halaman Selanjutnya
Halaman:

26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.