Kemenag Rilis Kartu Nikah Digital Akhir Mei, Simak Deretan Manfaatnya

Kompas.com - 21/05/2021, 16:00 WIB
Kartu nikah digital doc: KemenagKartu nikah digital

KOMPAS.com – Kementerian Agama Republik Indonesia (Kemenag RI) akan meluncurkan Kartu Nikah Digital pada akhir Mei 2021.

Rencana peluncuran Kartu Nikah Digital tersebut, akan dilaksanakan bersamaan dengan kick off enam KUA Piloting di KUA Banjarnegara, Jawa Tengah.

Salah satu manfaat adanya Kartu Nikah Digital ini diharapkan memudahkan pasangan untuk membawa informasi terkait status pernikahannya saat bepergian.

“Ada banyak manfaat Kartu Nikah Digital. Pertama, kecepatan mengakses data diri dari pasangan suami istri sebagaimana tertera dalam kartu tersebut," ujar Direktur Bina KUA dan Keluarga Sakinah Kemenag, Muharam Marzuki dikutip dari laman resmi Kemenag.

Baca juga: Kemenag Segera Luncurkan Kartu Nikah Digital

Manfaat kartu nikah digital

Selanjutnya, manfaat yang kedua dari adanya Kartu Nikah Digital yakni mempermudah dilakukannya pengecekan keabsahan pernikahan pasangan suami istri.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Kita juga bisa mengecek benarkah mereka berdua benar-benar pasangan suami istri. Kemudian kita juga bisa mengecek secara cepat kapan menikahnya,” kata dia.

Adapun manfaat yang ketiga yakni keberadaan Kartu Nikah Digital diharapkan sebagai upaya Kemenag untuk menghindari pemalsuan dokumen pernikahan.

Muharam juga menyampaikan Kartu Nikah Digital juga akan menghindarkan praktik penipuan yang mungkin dilakukan pasangan.

“Jadi ini juga memudahkan bagi pasangan pengantin atau suami istri untuk berpergian tanpa harus khawatir dicurigai apabila mereka pergi bersama. Jadi sudah bisa dicek melalui Kartu Nikah Digital tadi. Biasanya pada hotel atau tempat berlogo syariah pasti mereka bertanya,” ujar dia.

Baca juga: Update BPOM soal Vaksin AstraZeneca, Ini 5 Kondisi KIPI yang Diwaspadai

Kartu dikirim online via WhatsApp dan email

Selain itu adanya Kartu Nikah Digital ini juga akan mempercepat layanan bagi pasangan pengantin.

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.