Mengenal 4 Hormon Kebahagiaan yang Dapat Mendukung Kesehatan Mental

Kompas.com - 20/05/2021, 18:30 WIB
wanita bahagia evgenyatamanenkowanita bahagia

KOMPAS.com - Kesehatan mental sama pentingnya dengan kesehatan fisik. Karena jika mental ambruk, maka akan ambruk pula fisik seseorang.

Kesehatan mental bisa dijaga dengan berbagai cara, salah satunya dengan mendorong produksi beberapa hormon yang bermanfaat memasok kebahagiaan dan juga menjaga mood.

Seperti thread dari akun @rykarlsen pada Selasa (18/05/2021) petang soal hormon-hormon penyebab kebahagiaan, yang mendapat apresiasi dari pengguna Twitter yang lain.

Ruswandi Y.Karlsen menyebutkan bahwa ada 4 hormon yang bisa menyuplai kebahagiaan ini, yaitu dopamin, serotonin, oxytocin dan endorphin. Twit runut tersebut disukai oleh lebih 12.500 warganet. 

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Lantas apakah itu dopamin, serotonin, oxytocin dan endorphin? Dan bagaimana cara mendongkrak hormon kebahagiaan tersebut? 

Baca juga: Mengenakan Pakaian Dalam yang Indah Baik untuk Kesehatan Mental

Dopamin

Senyum bisa meningkatkan moodUnsplash/Caju Gomes Senyum bisa meningkatkan mood
Dilansir dari Healthline, dopamin adalah bahan kimiawi penting dalam otak yang bertugas menyampaikan rangsangan ke seluruh tubuh.

Hormon ini mempunyai banyak sekali fungsi seperti membantu menyimpan memori dan mengatur pergerakan tubuh.

Dopamin juga dikenal sebagai hormon yang bisa mengontrol emosi. Ketika diproduksi dalam jumlah yang tepat, dopamin bisa meningkatkan suasana hati sehingga seseorang merasa bahagia.

Sebaliknya, produksi dopamin yang kurang bisa membuat seseorang larut dalam kesedihan berkepanjangan hingga menjadi depresi.

Level dopamin biasanya sudah diatur otomatis oleh sistem saraf. Namun ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk mendongkrak hormon ini.

Halaman:

26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.