Kompas.com - 20/05/2021, 13:32 WIB
Para jemaah haji 2020 tengah melaksankaan Sa'i dengan tetap menerapkan social distancing dan menggunakan masker Dokumentasi Kementerian Haji Arab SaudiPara jemaah haji 2020 tengah melaksankaan Sa'i dengan tetap menerapkan social distancing dan menggunakan masker

KOMPAS.com – Kementerian Haji dan Umrah Arab Saudi telah menyatakan bahwa ibadah haji 2021 akan kembali digelar dengan pelaksanaan protokol kesehatan yang ketat.

Bagaimana dengan Indonesia, apakah ada pemberangkatan jemaah haji pada ibadah haji 2021?

Saat dikonfirmasi, Plt Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kementerian Agama, Khoirizi, mengatakan, hingga harini belum ada kepastian mengenai kapan pemberangkatan haji akan dimulai kembali.

“Sementara ini, kami terus mengikuti perkembangan. Kami terus menunggu dari Saudi,” ujar Khorizi dihubungi Kompas.com, Kamis (20/5/2021).

Baca juga: Arab Saudi Akan Gelar Lagi Ibadah Haji 2021, Berikut Peraturannya

Dengan belum adanya kepastian soal ini, maka jemaah calon haji yang seharusnya mendapatkan jadwal keberangkatan tahun ini belum bisa melakukan pengecekan di laman Kemenag.

Nantinya, penentuan keberangkatan jemaah menggunakan sistem proporsional. Mereka yang daftar lebih dulu akan berangkat duluan, sedangkan yang daftar belakangan akan berangkat berikutnya.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Akan tetapi, hal ini lagi-lagi menunggu dan menyesuaikan aturan dari Pemerintah Arab Saudi. 

“Kecuali Arab Saudi memberlakukan batas usia dan lain sebagainya, maka kita akan mengikuti seluruh regulasi yang diatur,” kata Khoirizi.

Sambil menunggu kepastian dari Pemerintah Arab Saudi, Kementerian Agama mengimbau agar calon jemaah menjaga istitoahnya. 

“Dimohon kepada jemaah untuk terus menjaga istitoahnya mulai dari istitoah ibadah, perjalanan, dan khususnya istitoah kesehatan mengingat hari ini pandemi Covid-19 masih terus mengancam kita semua, bahkan dengan munculnya varian-varian baru ditenggah tenggah kita,” ujar dia.

Baca juga: Bagaimana soal Ibadah Haji 2021? Ini Jawaban Kemenag

Halaman Selanjutnya
Halaman:

Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Video Pilihan

komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.