Kompas.com - 18/05/2021, 18:45 WIB
Ilustrasi diet, lingkar perut shutterstockIlustrasi diet, lingkar perut

KOMPAS.com - Belly fat atau lemak perut seolah menjadi kawan karib siapapun yang berusia 40 tahun ke atas. 

Lemak perut ini menghinggapi siapa saja, laki-laki maupun perempuan. Menjadi masalah yang terus ada, susah disiasati. 

Mengutip dari laman Healthline, lemak perut adalah visceral fat yang ada dalam rongga perut dan menyelubungi organ vital seperti usus juga hati.

Bahaya lemak perut sangat banyak. Visceral fat adalah lemak berbahaya yang jika menumpuk dan ada di pembuluh darah bisa menyebabkan penyumbatan pada pembuluh darah.

Itu sebabnya, visceral fat dikatakan sebagai faktor utama penyebab penyakit jantung, stroke, diabetes tipe 2 dan berbagai masalah kesehatan serius lainnya.

Lemak perut selain membahayakan kesehatan, juga sangat menganggu penampilan. Ditambah lagi, lemak ini seakan mudah datang dan susah pergi untuk mereka yang berada di usia 40 tahun ke atas.

Apa sebabnya dan bagaimana cara menyiasatinya?

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca juga: Minuman dan Makanan yang Bisa Digunakan Mengurangi Lemak Perut

Lemak perut di usia 40 tahun ke atas

Ilustrasi lemak perut berlebih.FREEPIK/JCOMP Ilustrasi lemak perut berlebih.
Mengapa lemak perut betah melekat di usia 40 tahun ke atas? Sebab utamanya adalah di usia ini, kita semua cenderung kehilangan massa otot murni.

Penuaan membuat manusia kehilangan massa otot murninya, dan hal ini akan berpengaruh ke sistem metabolisme tubuh. Sistem metabolisme yang mulai melambat, membuat kita semakin sedikit membakar lamak dan kalori.

Dilansir dari Times of India, alasan kedua adalah adanya perubahan hormon. Baik kenaikan atau penurunan berat badan, dipengaruhi oleh hormon.

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X