Kompas.com - 18/05/2021, 13:05 WIB
Tampilan lama login Pcare BPJS Kesehatan shutterstockTampilan lama login Pcare BPJS Kesehatan

 

KOMPAS.comBPJS Kesehatan meluncurkan sebuah layanan pembacaan data vaksinasi Covid-19 melalui aplikasi P-Care Vaksinasi.

Mengutip informasi di laman resmi BPJS Kesehatan, aplikasi P-Care Vaksinasi merupakan bagian terintegrasi dari Sistem Informasi Satu Data Vaksinasi Covid-19.

Aplikasi ini mendukung pendataan sasaran, proses registrasi dan verifikasi sasaran penerima vaksin, screening status kesehatan, penentuan lokasi dan jadwal vaksinasi, penentuan alokasi serta monitoring logistik vaksin, dan pencatatan hasil pemberian/pelayanan vaksinasi.

Baca juga: Lewat Aplikasi P-Care, BPJS Kesehatan Pastikan Vaksinasi Covid-19 Bakal Berjalan Lancar

Kemudahan layanan vaksinasi

Dengan semua itu, P-Care Vaksinasi diharapkan dapat memberi kemudahan dalam pelaksanaan pelayanan vaksinasi oleh Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) seperti Puskesmas, Klinik Pratama, dan Dokter Praktik Mandiri.

Terdapat 13.573 fasilitas kesehatan di seluruh Indonesia yang hingga kini sudah terintegrasi dengan P-Care Vaksinasi.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

“FKTP yang bekerja sama dengan BPJS Kesehatan sudah sangat familiar dalam penggunaan P-Care. Kita harap dukungan ini akan memperlancar proses pemberian vaksin, data penerima valid, dan dalam hal pelaporan akan sesuai dengan prinsip tata kelola yang baik, serta dapat dipantau secara realtime,” kata Direktur Utama BPJS kesehatan, Fachmi Idris.

Jadi, aplikasi ini memang diperuntukkan bagi fasilitas kesehatan, bukan individu masyarakat.

Hal itu sebagaimana ditegaskan oleh Kepala Humas BPJS Kesehatan M. Iqbal Anas Ma'ruf.

"P-Care itu untuk FKTP, (digunakan oleh) FKTP untuk melayani (masyarakat), bukan untuk (digunakan) masyarakat," kata Iqbal saat dihubungi Selasa (18/5/2021).

Baca juga: Dibuka hingga 21 Mei 2021, Ini Link dan Cara Daftar Vaksinasi Gotong Royong

Fungsi P-Care

Fungsi dari aplikasi P-Care adalah untuk membaca sumber data terkait dengan vaksinasi Covid-19.

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X