Kompas.com - 17/05/2021, 20:29 WIB
Paramedis Nepal merawat pasien COVID-19 di luar bangsal darurat rumah sakit yang dikelola pemerintah di Kathmandu, Nepal, Jumat, 7 Mei 2021 AP APHOTONiranjan ShresthaParamedis Nepal merawat pasien COVID-19 di luar bangsal darurat rumah sakit yang dikelola pemerintah di Kathmandu, Nepal, Jumat, 7 Mei 2021

KOMPAS.com - Seorang ahli virus India ternama mengundurkan diri dari forum penasihat ilmiah yang dibentuk oleh pemerintah untuk mendeteksi varian Covid-19.

Keputusan itu diambil beberapa hari setelah mempertanyakan penanganan pandemi oleh pihak berwenang.

Shahid Jameel, ketua kelompok penasihat ilmiah di forum yang dikenal sebagai INSACOG, menolak memberikan alasan pengunduran dirinya.

"Saya tidak diwajibkan untuk memberikan alasan," kata dia, dikutip dari Aljazeera, Senin (17/5/2021).

Seorang ilmuwan terkemuka pemerintah yang menjadi bagian dari forum tersebut mengatakan, ia berpikir kepergian Jameel tidak akan menghambat pemantauan varian virus di INSACOG.

Baca juga: Warga India Mandi Kotoran dan Kencing Sapi untuk Obati Covid-19

INSACOG dan Konsorsium Genetika SARS-CoV-2 India memperingatkan pejabat pemerintah pada awal Maret tentang varian baru dan lebih menular muncul di negara itu.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Varian yang diberi nama B.1.617 merupakan salah satu alasan India saat ini berjuang melawan lonjakan kasus Covid-19 terburuk di dunia.

Pemerintah disebut tidak menanggapi temuan itu dengan lebih tegas, misalnya membatasi pertemuan besar.

Jameel khawatir, pihak berwenang tidak cukup memperhatikan bukti saat mereka menetapkan kebijakan terkait Covid-19.

Jameel juga menulis di surat kabar New York Times pada 13 Mei bahwa para ilmuwan menghadapi perlawanan keras terhadap pembuatan kebijakan berbasis bukti.

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X