Mengikis Duka Sepeninggal Hewan Peliharaan Tercinta

Kompas.com - 17/05/2021, 19:30 WIB
Mengatasi duka ditinggal mati hewan peliharaan Unsplash/Florian RiederMengatasi duka ditinggal mati hewan peliharaan

KOMPAS.com - Binatang peliharaan, baik anjing, kucing, burung maupun kelinci, membuat hidup kita jauh lebih bermakna.

Meski terkadang tak disadari, namun kehadiran binatang-binatang kesayangan ini menyumbang manfaat kesehatan besar untuk seluruh penghuni rumah.

Menurut penelitian, binatang peliharan bisa membantu si pemiliknya jauh dari stres juga depresi.  

Hanya dengan melihat mereka bermain, merawat mereka dengan kasih sayang tulus, hormon stres yang ada di dalam tubuh manusia bisa turun kemudian hilang.

Hewan peliharaan juga bisa menyusut perasaan kesepian. Perasaan dibutuhkan oleh anjing dan kucing, bisa meningkatkan kualitas hidup manusia, menjauhkannya dari perasaan sepi dan tak diinginkan oleh orang lain.

Ketika ikatan semakin kuat, manusia bisa sangat tergantung dengan kehadiran sahabat-sahabat kaki empatnya ini. Hingga ketika salah satu binatang kesayangan mati, maka si pemilik rawan disekap duka berkepanjangan.

Baca juga: 7 Fakta Menarik Tentang Kucing Oranye

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Melalui fase demi fase duka

Ilustrasi anjing, memeluk anjing.UNSPLASH/ERIC WARD Ilustrasi anjing, memeluk anjing.
Fase duka ditinggalkan binatang peliharaan hampir sama dengan fase duka ditinggal oleh orang-orang atau keluarga yang dicintai.

Melansir dari pets.webmd, fase duka ini dimulai dengan fase penyangkalan akan kenyataan, kemudian diikuti dengan fase kekecewaan dan kemarahan.

Setelah dua fase terlewati, kemudian akan masuk ke fase tawar-menawar kenyataan, fase depresi, dan terakhir, fase penerimaan.

Sebelum bermuara ke fase penerimaan, setiap sahabat satwa akan berperang dalam duka dan depresi yang sangat menyiksa.  

Baca juga: Pentingnya Menemani Anjing dan Kucing yang Tengah Berduka karena Kematian

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X