Dua Peserta Vaksinasi AstraZeneca Alami KIPI Serius, Ini Kata Kemenkes

Kompas.com - 17/05/2021, 18:30 WIB
Ilustrasi vaksin AstraZeneca batch CTMAV547 dihentikan sementara oleh Kemenkes dan BPOM, baik distribusi maupun penggunaannya. SHUTTERSTOCK/Elzbieta KrzysztofIlustrasi vaksin AstraZeneca batch CTMAV547 dihentikan sementara oleh Kemenkes dan BPOM, baik distribusi maupun penggunaannya.

KOMPAS.com - Dua peserta vaksinasi Covid-19 AstraZeneca disebut mengalami Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi (KIPI) serius.

Hal itu dikonfirmasi oleh Juru Bicara Vaksinasi Covid-19 Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Siti Nadia Tarmizi.

"Hanya dua seperti yang disampaikan dalam surat BPOM," kata Nadia saat dihubungi Kompas.com, Senin (17/5/2021).

Ia menuturkan kedua peserta tersebut dinyatakan meninggal dunia dan berasal dari DKI Jakarta.

Namun, proses investigasi masih dilakukan untuk mengetahui apakah KIPI serius itu terkait dengan vaksin AstraZeneca atau tidak.

Satu peserta yang meninggal dunia satu hari usai divaksin AstraZeneca diketahui bernama Trio Fauqi Virdaus (22) pada 6 Mei 2021.

Mulanya, Trio merasa demam panas setelah mendapatkan suntikan vaksin. Kemudian, kondisinya melemah dan masih mengalami demam pada hari Kamis.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Trio dibawa ke rumah sakit dan dinyatakan meninggal sekitar pukul 12.30 WIB.

Baca juga: Vaksin AstraZeneca Batch CTMAV547 Dihentikan Sementara, Ini Efek Sampingnya

Penggunaan vaksin ditangguhkan

Karena adanya dua KIPI serius itu, Kemenkes memutuskan untuk menangguhkan distribusi dan penggunaan vaksin AstraZeneca batch CTMAV547.

Kemenkes menyebut, tindakan ini adalah bentuk upaya kehati-hatian pemerintah untuk memastikan keamanan vaksin buatan perusahaan farmasi Inggris itu.

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X