Kompas.com - 17/05/2021, 17:30 WIB
Cara membersihkan dan merawat mesin kopi Unsplash/Brad StallcupCara membersihkan dan merawat mesin kopi

KOMPAS.com - Banyak faktor yang bisa mempengaruhi kualitas aroma dan citarasa kopi. Salah satunya adalah kebersihan dari piranti mesin kopi

Coffee maker atau mesin untuk menyeduh kopi terdiri dari beragam varian. Ada  mesin kopi semi otomatis, mesin kopi otomatis, mesin kopi manual dan mesin kopi profesional.

Mesin kopi super automatic mampu menggiling, memadatkan dan memanaskan kopi sekaligus hingga menjadi tetes-tetes espresso.

Sedangkan mesin kopi otomatis, yang biasa dipilih oleh masyarakat urban, adalah mesin kopi yang paling praktis dengan hasil yang cukup memuaskan.

Untuk mendapatkan secangkir latte misalnya, Anda cukup memasukkan satu kapsul bubuk kopi latte ke dalam mesin. Kemudian mesin akan langsung mengolah dan menyeduhnya untuk Anda.

Sama seperti piranti dapur lain, mesin kopi juga butuh dibersihkan rutin agar kinerjanya selalu maksimal dan menghasilkan tetes kopi berkualitas bagus.

Baca juga: Profil Penemu Penyaring Kopi: Melitta Bentz

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Cara membersihkan mesin kopi

Melansir laman New York Times, cara kita membersihkan mesin kopi bisa mempengaruhi dua hal. Pertama adalah kualitas kopi yang dihasilkan, dan yang kedua adalah keawetan dari mesin kopi itu sendiri.

Cara membersihkan mesin kopiUnsplash/Jesusrocha Cara membersihkan mesin kopi
Untuk membersihkan mesin kopi, Anda membutuhkan lap atau handuk kecil yang bersih, sikat botol dengan bulu lembut, sabun pencuci piring dan larutan cuka.

Berikut adalah langkah-langkahnya:

1. Lepas bagian per bagian yang bisa dipisahkan dari mesin utama. Kemudian cuci atau rendam dalam air hangat yang sudah diberi sabun pencuci piring. 

Halaman Selanjutnya
Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X