Kompas.com - 17/05/2021, 13:00 WIB
Ilustrasi kapal Pelni PELNI (Persero)Ilustrasi kapal Pelni

KOMPAS.com - Mulai 18 Mei hingga 24 Mei 2021 berlaku aturan pengetatan perjalanan yang dilakukan sebagai upaya pencegahan penyebaran Covid-19.

Seluruh jalur transportasi mengeluarkan kebijakan-kebijakan baru yang disesuaikan aturan pengetatan perjalanan ini.

Tak terkecuali juga PT Pelni, yang mengeluarkan berbagai kebijakan baru semenjak aturan peniadaan mudik Hari Raya Idul Fitri diberlakukan di tahun ini.

Baca juga: Aturan Lengkap Pengetatan Perjalanan Setelah Larangan Mudik 18-24 Mei

Aturan perjalanan PT Pelni

Sesuai diberitakan Kompas.com, Minggu (16/05/2021), calon penumpang perjalanan transportasi laut wajib menunjukkan surat keterangan negatif Covid-19.

Surat keterangan ini bisa menggunakan rapid test antigen, GeNose dan PCR, yang diambil 1x24 jam sebelum jadwal keberangkatan kapal.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Pelaku perjalanan juga wajib mengisi e-HAC Indonesia, sebagai bagian dari kebijakan baru perjalanan selama masa pandemi.

Masa berlaku hasil skrining menggunakan rapid tes, GeNose dan PCR mengalami perubahan. Dari yang dulu 3x24 jam, kini hanya berlaku 1x24 jam.

Hal ini dilakukan sebagai upaya pencegahan penyebaran Covid-19 yang lebih masif mengingat di libur Lebaran akan banyak masyarakat yang melakukan perpindahan wilayah dari satu tempat menuju tempat lain. 

Baca juga: Syarat Penumpang dan Pembatalan Tiket KAI Selama Pengetatan Perjalanan

Membuka kembali pelayaran

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X