Sejarah Lahirnya Buku, Bermula dari Coretan Gambar di Dinding Gua

Kompas.com - 16/05/2021, 19:00 WIB
Sejarah lahirnya buku Unsplash/Chris LawtonSejarah lahirnya buku

KOMPAS.com - Menurut bentuk fisiknya, buku adalah sekumpulan kertas yang dijilid di salah satu ujungnya dan di dalamnya berisi tulisan, gambar atau tempelan.

Ada beberapa nama lain dari buku. Salah satunya disebut pula dengan nama kitab. Kitab adalah kata serapan dari Bahasa Arab.

Dikutip dari berbagai sumber, sejarah buku memiliki beberapa versi. Ada yang mengatakan bahwa buku lahir di Mesir di masa 2400 sebelum Masehi setelah rakyat Mesir menciptakan kertas papirus.

Namun ada pula yang mengatakan bahwa buku sudah ada sejak zaman Sang Budha di wilayah Kamboja. 

Awalnya media buku sangat beragam. Ada yang menulis cerita di selembar daun, ada pula yang menuliskannya di deretan lidi seperti para cendekiawan Tiongkok.

Baca juga: Sejarah Berdirinya Israel

Dimulai dari budaya mendongeng

Ilustrasi buku lamaUnsplash/Clem Onojeghuo Ilustrasi buku lama
Dalam booktrust.org, seorang penulis bernama Cerrie Burnell memaparkan sejarah buku dalam narasi yang lebih mendetil.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Menurut Burnell, buku dan budaya mendongeng atau story telling lahir dan tumbuh beriringan, saling terkait satu sama lain. 

Budaya bercerita atau mendongeng sendiri adalah budaya purba yang mendorong perkembangan bahasa verbal masa kini. 

Sejarah dongeng bisa dilihat dari peninggalan purbakala berupa coretan gambar di dinding-dinding gua yang biasanya berupa cerita aktivitas manusia di masa lalu. 

Menurut Burnell, keinginan manusia mendokumentasikan hidupnya sudah ada sejak zaman purba. Ini merupakan naluri alami manusia untuk bisa dikenal oleh manusia lain, oleh dunia luar.

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X