Kompas.com - 15/05/2021, 06:45 WIB
Ilustrasi uang dalam amplop. SHUTTERSTOCKIlustrasi uang dalam amplop.

KOMPAS.com - Tradisi yang selalu ada setiap Lebaran adalah berbagi hadiah seperti parsel, hampers dan juga uang. 

Yang terakhir bahkan selalu ditunggu-tunggu, terutama bagi anak-anak. 

Sejak kapan dan dari mana tradisi tersebut muncul? 

Baca juga: 4.068 Lokasi Bank Penukaran Uang Baru untuk Lebaran 2021

Budaya angpau saat Imlek

Mengutip Kompas.com, (25/5/2020), Kepala Program Studi Indonesia Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia (UI) Sunu Wasono mengungkapkan, tradisi membagikan uang ketika Lebaran sudah berlangsung sejak dulu.

Bahkan tidak hanya Lebaran, saat suatu umat melangsungkan hari besar mereka, tradisi membagikan uang masih ada.

Sunu menduga bahwa ada kemungkinan tradisi memberikan uang baru saat Lebaran itu terpengaruh oleh budaya China yakni memberikan angpau seperti ketika Tahun Baru Imlek.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Kalau ditanya sejak kapan, memang tidak bisa diketahui karena sejak dulu sudah ada. Kemungkinan terpengaruh dari budaya China yang membagikan angpau," ujar Sunu kepada Kompas.com.

"Yang namanya pengaruh seperti itu kan tidak bisa disadari. Karena kalau sudah menjadi tradisi ya kita anggap sebagai bagian dari cara hidup atau kebiasaan kita," lanjut dia.

Baca juga: 9 Lagu Lebaran Populer, dari Ismail Marzuki, Ungu, hingga Gigi

Simbol semangat berbagi

Tak hanya mendekatkan diri kepada kerabat, tradisi membagikan uang bisa dimaknai sebagai simbol semangat berbagi dari orang yang memiliki rezeki berlebih.

Menurut Sunu, tradisi membagikan uang merupakan bagian dari solidaritas sosial agar semua orang berbahagia dalam merayakan hari istimewa.

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X