Kompas.com - 14/05/2021, 10:00 WIB
Ratusan jamaah islam aboge di Desa Onje, Kecamatan Mrebet, Purbalingga, Jawa Tengah merayakan idul fitri, Senin (25/5/2020) pagi. KOMPAS.COM/MOHAMAD IQBAL FAHMIRatusan jamaah islam aboge di Desa Onje, Kecamatan Mrebet, Purbalingga, Jawa Tengah merayakan idul fitri, Senin (25/5/2020) pagi.

KOMPAS.com - Sebagian umat Muslim di Indonesia tidak semuanya dapat merayakan Idul Fitri atau Lebaran bersama keluarga. Mereka banyak yang tidak mudik karena sejumlah alasan termasuk pandemi Covid-19. 

Lalu seperti apa makna Idul Fitri bagi yang jauh dari keluarga? 

Baca juga: Cerita di Balik Lagu Klasik Hari Lebaran, Kocak dan Sarat Kritik

Pemerintah sejak 6-17 Mei 2021 melarang mudik Lebaran demi mencegah terjadinya penularan Covid-19 di tengah masa pandemi yang belum berakhir ini.

Tentu, keputusan ini disambut dengan berbagai respons dari masyarakat.

Banyak yang setuju tidak mudik karena untuk menghindari meningkatnya kasus penularan virus corona. 

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Namun tak sedikit yang nekat mudik karena rindu ingin bertemu dengan keluarga di hari Lebaran. 

Kembali ke fitrah

Makna datangnya hari Lebaran atau Idul Fitri adalah kembali ke fitrah. Seseorang yang telah melaksanakan ibadah di bulan Ramadhan dijanjikan dihapus dosa-dosanya sehingga kembali suci. 

"Idul Fitri, kembali kepada kefitrahan. Artinya, setelah kita melaksanakan ibadah puasa selama Ramadhan, kita sudah dicuci dari kotor-kotor dosa, dari hasud, dan ditanamkan keikhlasan," kata Kepala Bidang Dakwah Majelis Ulama Indonesia, Cholil Nafis, Minggu (2/5/2021).

"Nah kita kembali pada kefitrahan kita, itu Idul Fitri," lanjutnya.

Cholil menjelaskan, sebagai orang yang kembali kepada fitrah ditandai dengan taqwa yang tertanam dalam diri.

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X