Kompas.com - 13/05/2021, 18:30 WIB
Ilustrasi ketupat dan makanan pendampingnya. Ketupat merupakan kuliner khas Lebaran di Indonesia. SHUTTERSTOCK/ISMED_PHOTOGRAPHY_SSIlustrasi ketupat dan makanan pendampingnya. Ketupat merupakan kuliner khas Lebaran di Indonesia.

KOMPAS.com - Lebaran sudah datang. Di hari ini semua orang akan berkumpul bersama kerabat tercinta.

Di tengah-tengah silaturahmi, akan ada keriuhan hidangan Lebaran yang berjejer rapi mulai dari meja ruang tamu hingga meja ruang makan. 

Idul Fitri selalu sarat dengan berbagai kudapan khas. Untuk kudapan misalnya, ada aneka kue kering seperti kastengel juga nastar. Kemudian untuk sajian utama, ada satu set sajian yang minimal terdiri dari ketupat, opor dan sambal goreng.

Kemudian untuk minuman, akan hadir ragam racikan minuman dingin manis yang menyegarkan. Mulai dari es sirup hingga es buah.

Setelah sebulan berpuasa, aneka sajian ini memang sangat menggugah selera. Maka wajar jika banyak orang akan lupa diri akan pantangan-pantangan dalam pola makan, sehingga berakhir ke penyakit lama yang kambuh kembali.

Nah agar Anda tak melewatkan Lebaran di tempat tidur, kenali berbagai rambu-rambu mengonsumsi menu Lebaran ini.

Kenali berbagai macam menu Lebaran, efek samping, dan cara aman mengonsumsinya.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca juga: 5 Bahan Obrolan Ringan dan Menyenangkan, Cocok untuk Lebaran

1. Kudapan manis

Ilustrasi permen jahe. Dok. Shutterstock/Maharani afifah Ilustrasi permen jahe.
Selain kue kering, biasanya hadir pula aneka kudapan manis seperti cokelat juga permen. Kudapan ini biasanya disiapkan untuk tamu anak-anak, para penggemar kudapan manis.

Menurut dr. Etisa Adi Murbawani, M.Si, SpGK, kebanyakan mengonsumsi kudapan serba manis membahayakan kesehatan tubuh anak-anak.

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X