Kompas.com - 12/05/2021, 14:10 WIB
Tangkapan layar warga India diklaim marah hingga pukuli polisi karena dibohongi isu Covid-19 Tim Cek Fakta Kompas.comTangkapan layar warga India diklaim marah hingga pukuli polisi karena dibohongi isu Covid-19
Penulis Tim Cek Fakta
|
EditorTim Cek Fakta
hoaks

hoaks!

Berdasarkan verifikasi Kompas.com sejauh ini, informasi ini tidak benar.

KOMPAS.com - Beredar video di media sosial yang diklaim merupakan gambaran warga India yang telah jenuh karena dibohongi dengan isu Covid-19.

Orang-orang dalam video itu memukuli polisi yang ada di mobil jip berwarna putih.

Salah satu pengunggahnya adalah akun Facebook Abu Bakar SetNi.

Berdasarkan penelusuran Tim Cek Fakta, informasi yang disebarkan itu dipastikan hoaks atau tidak benar.

Narasi yang beredar

Akun Facebook Abu Bakar SetNi mengunggah video yang disertai narasi rakyat India sudah mulai sadar dan jenuh karena dibohongi isu Covid-19. Video diunggah pada 3 Mei 2021.

Disebutkan juga bahwa warga India kemudian melakukan tindakan anarkis dan mengacaukan kota.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Salah satu tindakan mereka adalah memukuli polisi dan tentara karena penegakan protokol kesehatan. Bentrokan itu diklaim telah meletus di seluruh India setelah pemerintah mencoba melakukan lockdown yang lebih ketat.

Dari video yang disajikan terlihat orang-orang yang marah memukuli mobil dan seorang polisi. Kemudian polisi itu kabur tapi warga masih mengejarnya dan berusaha memukul.

Video itu telah ditayangkan lebih dari 80 kali, dikomentari 3 kali, dan disukai satu kali.

Berikut narasi lengkapnya:

HOAKS ATAU FAKTA?

Jika Anda mengetahui ada berita viral yang hoaks atau fakta, silakan klik tombol laporkan hoaks di bawah ini

closeLaporkan Hoaks checkCek Fakta Lain
Berkat konsistensinya, Kompas.com menjadi salah satu dari 49 Lembaga di seluruh dunia yang mendapatkan sertifikasi dari jaringan internasional penguji fakta (IFCN - International Fact-Checking Network). Jika pembaca menemukan Kompas.com melanggar Kode Prinsip IFCN, pembaca dapat menginformasikannya kepada IFCN melalui tombol di bawah ini.
Laporkan
Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X