Kompas.com - 10/05/2021, 19:00 WIB
Ilustrasi mencuci beras. Air cucian beras dapat dijadikan pupuk alami untuk tanaman. SHUTTERSTOCK/AFRICA STUDIOIlustrasi mencuci beras. Air cucian beras dapat dijadikan pupuk alami untuk tanaman.

KOMPAS.com – Tahukah Anda bahwa air cucian beras ini memiliki banyak manfaat. Salah satunya adalah membuat tanaman menjadi subur.

Alasannya, dalam air cucian beras terkandung beragam zat yang berguna untuk kesuburan tanaman.

Kandungannya juga dapat membantu tumbuhnya bakteri tanah yang dapat meningkatkan kesehatan tanah.

Maka dari itu, air cucian beras jangan dibuang begitu saja. Berikut penjelasan dari peneliti pertanian Kementerian Pertanian.

Baca juga: Jangan Dibuang, Nasi Basi Bisa Digunakan untuk Pupuk Tanaman!

Kenapa air cucian beras bisa menyuburkan?

Dr. Ir. Yuliantoro Baliadi, Peneliti Ahli Utama Balai Penelitian Tanaman Aneka Kacang dan Umbi Kementan saat dihubungi Kompas.com, Sabtu (8/5/2021) menjelaskan, penggunaan air cucian beras untuk tanaman merupakan warisan leluhur yang sudah ada.

Air cucian beras sendiri mengandung banyak vitamin dan mineral yang berguna bagi kesehatan seperti asam amino, vitamin B dan E, mineral serta zat antioksidan.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Adapun terkait dengan air cucian beras dapat dipakai untuk kesuburan tanaman, hal ini menurutnya karena dalam air cucian beras terdapat larutan tepung terlarut yang bisa membantu tumbuhnya bakteri tanah.

“Salah satu bakteri bermanfaat adalah bakteri asam laktat yang bisa meningkatkan kesehatan tanah dengan mendekomposisi bahan organik dan menekan pertumbuhan mikroorganisme patogenik penyebab penyakit tular tanah penyebab busuk akar dan busuk batang,” ujar Yuliantoro.

Selain itu meskipun konsentrasinya rendah, menurutnya vitamin dan mineral yang ada pada air cucian beras juga bisa menambah kandungan Nitrogen, Fosfat dan Kalium (NPK) dalam tanah.

Sehingga pemberian air cucian beras ini bisa dilakukan secara rutin.

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X