Kompas.com - 09/05/2021, 20:46 WIB
Ilustrasi apa itu margin, margin adalah, pengertian margin, arti margin SHUTTERSTOCKIlustrasi apa itu margin, margin adalah, pengertian margin, arti margin

KOMPAS.com - Peluang bisnis modal kecil yang dapat menghasilkan keuntungan besar menjadi hal yang sedang dicari saat ini. Terutama di masa pandemi ini yang secara ekonomi masyarakat kian terpejit.

Pandemi menghajar berbagai sektor hingga membuat banyak perusahaan gulung tikar. Akibatnya angka pengagguran kian meningkat.

Untuk bertahan hidup, kreativitas diperlukan. Salah bentuk kreativitas yang bisa dilakukan adalah dengan menjadi wirausahawan.

Namun salah satu ganjalan utama dalam berirausaha adalah masalah modal. Selama pandemi ini, jangankan memiliki modal untuk berusaha, bisa bertahan hidup pun sudah bersyukur.

Baca juga: Menengok Peluang Bisnis di Balik Peningkatan Kendaraan Bermotor

Oleh karena itu, bagaimana bisa berusaha namun dengan modal yang tidak besar? Kompas.com merangkum sejumlah peluang bisnis modal kecil dengan keuntungan besar.

Berikut 4 peluang usaha modal kecil

1. Berjualan kue

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Berjualan kue adalah salah satu alternatif usaha yang bisa dilakukan dengan modal minim. Cara pemasarannya bisa dengan sistem konvensional (offline) maupun online.

Di bulan Ramadhan dan menjelang Lebaran, bisnis berjualan kue sangat berpotensi untuk menghasilkan untung besar. Mayoritas orang, terutama, muslim sedang membutuhkan kue untuk lebaran.

Baca juga: Menilik Peluang Bisnis Kue di Bulan Ramadhan dan Lebaran

Mari kita lihat pengalaman Ervina yang berbisnis kue dengan hanya modal Rp 5 juta, namun bisa menghasilkan omset Rp 300.000 per hari pada hari biasa dan Rp 500.000 pada menjelang Lebaran.

Ervina berjualan kue dengan brand Miss Pastry. Rata-rata kue yang dijualnya pun tidak mahal, hanya Rp 2.500 per buah.

2. Agen Aqua

Baru-baru ini Aqua membuka kesempatan kepada siapa pun yang ingin menjadi agen penjualan minuman kemasan. Aqua yang di bawah naungan perusahaan Danone ini meluncurkan program pemberdayaan untuk masyarakat, yakni Aqua Home Service (AHS).

Program ini bertujuan untuk memberdayakan perempuan atau ibu rumah tangga agar dapat berbisnis dan memiliki penghasilan tambahan.

Aqua dalam media sosial Instagram-nya, @aqualestari, Sabtu (8/5/2021) menyebutkan, menjadi agen Aqua hanya membutuhkan modal Rp 5 juta. Namun potensi keuntungan yang diperoleh bisa mencapi Rp 20 juta.

Baca juga: Cara Menjadi Agen Aqua, Modal Rp 5 Juta Bisa Raup Rp 20 Juta Per Bulan

Syarat untuk menjadi agen Aqua sebagai berikut:

1. Tinggal di tempat permukiman yang memiliki lebih dari 500 kepala keluarga

Halaman Selanjutnya
Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X