Kompas.com - 09/05/2021, 20:00 WIB
Ilustrasi laboratorium. REUTERS via BBC INDONESIAIlustrasi laboratorium.

KOMPAS.com - Takdir membawa manusia pada penemuan-penemuan tak sengaja yang justru bisa menyelamatkan dan mengubah dunia.

Penemuan-penemuan dalam bidang teknologi ataupun medis, sebagian besar dilakukan secara sengaja melalui berbagai penelitian dan percobaan yang dilakukan selama bertahun-tahun.

Namun ada pula, penemuan-penemuan baru yang dihasilkan dari hal-hal acak alias bukan tindakan disengaja yang dilakukan oleh para ilmuwan. 

Dunia mencatat ada beberapa penemuan-penemuan kebetulan yang ternyata menjadi tonggak perkembangan dunia medis dan teknologi.

Baca juga: Sejarah Blender, Lahir pada 1922 dan Disempurnakan oleh Seorang Musisi

Berikut adalah beberapa di antaranya:

1. Penisilin

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Ilustrasi penisilinUnsplash/Diana Polekhina Ilustrasi penisilin
Dikutip dari Reader's Digest, penisilin atau antibiotik pelawan bakteri, ditemukan secara tak sengaja oleh Alexander Flemming di tahun 1928.

Berawal dari Flemming yang selalu berkutat di dalam laboratorium menganalisa bakteri selama bertahun-tahun, yang pada suatu hari memutuskan untuk berlibur.

Tak sengaja, Flemming meninggalkan cawan petri kotor di dalam laboratoriumnya. 

Sekembalinya dari berlibur, Flemming mendapati bahwa bakteri sudah banyak tumbuh di cawan tersebut, kecuali di area yang sudah ditumbuhi jamur.

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X