Kompas.com - 09/05/2021, 16:20 WIB
Buah Kecubung ShutterstockBuah Kecubung

KOMPAS.com - Sebuah unggahan menampilkan gambar buah kecubung dan sejumlah efek yang dirasakan saat mengkonsumsinya, viral di Twitter. 

Gambar ini diunggah oleh akun Twitter @sutasona 7 Mei 2021. Sampai dengan Minggu (9/5/2021) pukul 13.30 WIB, unggahan itu telah mendapat 2,2 ribu komentar, 18,8 ribu retweet dan 62,5 ribu like.

Warganet pun mengungkap momen-momen lucu karena makan buah ini.

Apa penyebab orang-orang bisa mabuk dan merasakan efek halusinasi kecubung

Baca juga: Benarkah Konsumsi Buah Kecubung Bisa Menimbulkan Efek Halusinasi?

Efek halusinasi

Peneliti Pusat Penelitian Biomaterial Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), Ikhsan Guswenrivo Ph.D., mengatakan bahwa kecubung atau Datura sp memiliki efek halusinasi jika dikonsumsi.

"Bisa meninbulkan efek halusinasi terhadap manusia karena memiliki zat aktif yang mampu menimbulkan efek tersebut," ujar Ikhsan saat dihubungi Kompas.com, Minggu (9/5/2021).

Zat aktif yang Ikhsan maksud, meliputi:

  • 0,3 - 0,4 Alkaloid (sekitar 85 persen skolopamin dan 15 persen hyosciamin)
  • Hycoscin
  • Atropin

Kandungan zat ini juga dipengaruhi oleh spesies kecubung, lokasi tumbuh dan musim.

"Kecubung jika dikonsumsi secara langsung akan memberikan efek mabuk bahkan sampai keracunan. Hal ini disebabkan oleh kandungan dari zat atropin dan skolopamin," jelas Ikhsan.

Baca juga: Mabuk Kecubung, 3 Remaja Hanyut di Sungai, 1 Tewas

Halaman Selanjutnya
Halaman:

25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X