Kompas.com - 08/05/2021, 19:30 WIB
Ilustrasi kura-kura raksasa Unsplash/Dusan VeverkologIlustrasi kura-kura raksasa

KOMPAS.com - Keajaiban bisa terjadi kapan saja. Seperti satwa-satwa yang muncul kembali ketika mereka sudah dimasukkan ke dalam daftar satwa yang telah punah.

Kejadian seperti ini ternyata berulang. Seperti diberitakan Kompas.com (16/10/2020), sejak abad XVI ratusan spesies vertebrata telah menghilang akibat aktivitas manusia.

Bahkan dikatakan pula bahwa sekitar 40 persen spesies amfibi, 33 persen terumbu karang dan 14 spesies burung menghadapi ancaman kepunahan. 

Namun kemudian, diberitakan ada angin segar datang. Bahwa ditemukan 5 spesies binatang muncul kembali setelah sekian lama tak pernah terlihat dan mau tak mau dimasukkan dalam daftar satwa yang telah punah.

Mereka adalah tikus gajah somalia, kadal teror, solenodon kuba, burung laut bermuda, dan burung beo malam australia.

Kemunculan kembali hewan-hewan yang sudah dianggap punah memang beberapa kali terjadi.

Selain kelima satwa di atas, masih ada lagi sederet satwa yang terlihat kembali setelah sekian lama menghilang.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca juga: Banyak Satwa Endemik Langka di Pegunungan Sanggabuana, Didorong Jadi Hutan Lindung oleh Dedi Mulyadi dan Pegiat Lingkungan

Mengutip dari Goodnet, inilah satwa punah yang ditemukan kembali tersebut:    

1. Tarsius kerdil

Tarsius kerdil yang hanya seberat dua ons ini adalah primata nocturnal yang ditemukan di Sulawesi Tengah. 

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X