Kompas.com - 08/05/2021, 19:05 WIB
Ilustrasi Nasi Putih AmaritaIlustrasi Nasi Putih

KOMPAS.com - Di media sosial TikTok, beredar viral video yang menginformasikan bahwa nasi basi bisa dijadikan pupuk.

Video soal nasi basi jadi pupuk tanaman diunggah oleh akun TikTok Hobby Tanaman. 

Dalam video diperlihatkan nasi berjamur tersebut dimasukkan ember berisi air kemudian ditambah gula dan didiamkan selama beberapa waktu.

@hobby_tanaman

Cara membuat Pupuk Organik Cair, gampang banget gk sampe 1 tahun ???????? #ManisPedesNgegigit #Baren9anRaisa #PUBGMB3AT #foryoupage #fyp? #manfaat

? original sound - Hobby Tanaman???? ??

Benarkah nasi basi bisa digunakan sebagai pupuk cair?

Peneliti ahli Utama dari Balai Penelitian Tanaman Aneka Kacang dan Umbi Kementerian Pertanian, Dr. Ir. Yuliantoro Baliadi, mengatakan, berdasarkan literatur, nasi basi memang bisa digunakan untuk menyuburkan tanaman.

Baca juga: Merawat Tanaman, Pupuk Alami dari Ampas Kopi dan Cangkang Telur

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Mengapa? Nasi basi memiliki kandungan unsur hara N 0,7 persen, P2O5 0,4 persen, K2O 0,25 persen, kadar air 62 persen, bahan organik 21 persen, CaO 0,4 persen dan nisbah C/N 20-25 persen.

Akan tetapi, tidak serta merta langsung bisa diaplikasikan pada tanaman.

"Nasi basi harus diolah terlebih dahulu agar dapat bermanfaat untuk tanaman dengan membuat Mikro Organisme Lokal (MOL)" ujar Yuliantoro saat dihubungi Kompas.com, Sabtu (8/5/2021).

MOL adalah cairan yang mengandung mikroorganisme yang terdiri dari bahan-bahan alami yang ada di sekitar dan mudah didapatkan.

"Sederhananya, MOL itu semacam bakteri buatan sendiri untuk menyuburkan tanah atau menguraikan sampah organik menjadi kompos yang berguna seperti nutrisi (vitamin) bagi tanah agar tetap subur," kata Yuliantoro.

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X