Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

[HOAKS] Cashback Shopee Rp 2 Juta

Kompas.com - 08/05/2021, 17:05 WIB
Tim Cek Fakta

Penulis

hoaks

hoaks!

Berdasarkan verifikasi Kompas.com sejauh ini, informasi ini tidak benar.

KOMPAS.com - Unggahan pesan mengenai cashback jutaan rupiah yang mengatasnamakan salah satu e-commerce di Indonesia, Shopee beredar luas di masyarakat.

Beberapa pengguna media sosial di Facebook membagikan tangkapan layar pesan yang disampaikan melalui WhatsApp tentang adanya cashback jutaan rupiah ini.

Dari konfirmasi yang dilakukan kepada pihak Shopee, unggahan pesan yang disebarkan tersebut dipastikan adalah hoaks.

Narasi yang beredar

Salah satu akun mengunggah sebuah tangkapan layar pesan di WhatsApp, menginformasikan bahwa yang bersangkutan mendapatkan cashback sebesar Rp 2 juta pada 25 Maret 2021.

Dalam unggahan tersebut, akun tersebut menanyakan kepada netizen lainnya, apakah ada yang mengalami kejadian serupa.

Tangkapan layar mengenai cashback yang mengatasnamakan ShopeeFacebook Tangkapan layar mengenai cashback yang mengatasnamakan Shopee
"Ada yg wa atasnama shopee, biasanya juga cashback ga smpe juta2, trs cashback biasanya dr toko klo ada pembelanjaan, ada yg serupakah dgn saya???," tulis dia.

Tampak, pengirim pesan menggunakan foto profil dari ikon e-commerce Shopee.

Berikut bunyi pesannya:

“Selamat sore.
Selamat anda telah mendapatkan bonus Cashback Rp 2.000.000
Untuk di terima bonus Cashback nya anda tidak di kenakan biaya sepeserpun jadi untuk bonus Cashback nya tinggal kami kirimkan saja.
Jadi untuk bonus Cashback nya mau di terima di shopee atau di rekening”

 

Pantauan Kompas.com, terdapat akun lain yang mengunggah tangkapan layar pesan WhatsApp dengan dalih serupa pada 26 April 2021.

Berikut bunyi pesannya:

"Selamat siang. Hasil dari pengundian nomor handphone yang terdaftar di Shopee, nomor anda terpilih menjadi pemenang Bonus Cashback dari Shopee sebesar Rp 2.000.000, hadiah bisa diterima melalui Shopeepay dan Rekening Bank. untuk ada disana mau di terima kemana ? Karena akan langsung kami proses"

Penelusuran Kompas.com

Kepala Kebijakan Publik Shopee Indonesia Radityo Triatmojo menegaskan, pesan-pesan mengenai pemenang undian yang beredar tersebut bukan berasal dari Shopee.

“Pengumuman pemenang undian yang saat ini sedang beredar di media sosial dapat dipastikan bukan berasal dari Shopee,” kata Radityo saat dihubungi Kompas.com, Sabtu (8/5/2021).

Ia menambahkan, pihaknya telah bekerja sama dengan pihak berwenang untuk mengatasi kasus-kasus penipuan yang mengatasnamakan Shopee.

HOAKS ATAU FAKTA?

Jika Anda mengetahui ada berita viral yang hoaks atau fakta, silakan klik tombol laporkan hoaks di bawah ini

closeLaporkan Hoaks checkCek Fakta Lain
Berkat konsistensinya, Kompas.com menjadi salah satu dari 49 Lembaga di seluruh dunia yang mendapatkan sertifikasi dari jaringan internasional penguji fakta (IFCN - International Fact-Checking Network). Jika pembaca menemukan Kompas.com melanggar Kode Prinsip IFCN, pembaca dapat menginformasikannya kepada IFCN melalui tombol di bawah ini.
Laporkan
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com