Kompas.com - 08/05/2021, 09:35 WIB

KOMPAS.com - Hari ini 23 tahun lalu, tepatnya 8 Mei 1998, terjadi Tragedi Gejayan atau Tragedi Yogyakarta yang menewaskan satu orang mahasiswa.

Mahasiswa itu adalah Mozes Gatotkaca. Namanya kini abadi menjadi nama sebuah jalan di sana, Jalan Moses Gatotkaca.

Tragedi Gejayan terjadi saat mahasiswa di Yogyakarta protes mengenai kenaikan harga Bahan Bakar Minyak (BBM) dan Tarif Dasar Listrik (TDL). 

Diberitakan Harian Kompas, 6 Mei 1998, mahasiswa di berbagai kota mulai melakukan demo sejak 5 Mei.

Aksi untuk rasa itu terjadi di Medan, Palembang, Bandarlampung, Jakarta, Bandung, Purwokerto, Semarang, Yogyakarta, Jember, Surabaya, Malang, Ujungpandang, dan Bali.

Massa mengadakan aksi jalan kaki (long march), menggelar spanduk dan poster, sambil meneriakkan yel-yel yang intinya menolak kenaikan harga BBM dan tarif listrik.

Hampir sebagian besar aksi itu berlangsung tanpa bentrokan dengan aparat keamanan, kecuali di Medan, Yogyakarta Ujungpandang, Bandung, dan Jakarta.

Di Ujungpandang, seorang mahasiswa tertembak. Di Jakarta, puluhan mahasiswa luka-luka.

Mengutip Kompas.com, 8 Mei 2019, saat itu kondisi perekonomian Indonesia makin memburuk, sehingga membuat mahasiswa melakukan aksi di luar kampus. Sebagian masyarakat juga ikut bergabung untuk bersuara.

Ketika itu aparat keamanan mulai memperlihatkan penanganan dengan kekerasan terhadap aksi mahasiswa. Aparat menembakkan gas air mata dan peluru karet untuk meredam aksi mahasiswa.

Halaman:

27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.