Update Corona Global: Covid-19 India Menyebar ke Pelosok | Jepang Perpanjang Masa Darurat

Kompas.com - 08/05/2021, 08:25 WIB
Pasien yang menderita penyakit coronavirus (COVID-19) menerima perawatan di dalam bangsal gawat darurat di Rumah Sakit Keluarga Suci di New Delhi, India, Kamis (29/4/2021). ANTARA FOTO/REUTERS/DANISH SIDDIQUIPasien yang menderita penyakit coronavirus (COVID-19) menerima perawatan di dalam bangsal gawat darurat di Rumah Sakit Keluarga Suci di New Delhi, India, Kamis (29/4/2021).

KOMPAS.com - Pandemi Covid-19 belum usai, dan dunia masih berjuang mengatasinya.

Dikutip dari Worldometer (8/5/2021), total kasus Covid-19 dari 222 negara di dunia adalah 157.506.238 kasus.

Sebanyak 3.282.494 kasus di antaranya berujung kematian.

Berikut perkembangan Covid-19 dari sejumlah negara-negara di dunia:

Baca juga: 1,5 Juta Kasus Covid-19 Sepekan, India Diminta Lock Down

1. Indonesia

Indonesia melarang mudik Lebaran 1442 H, demi mengurangi potensi terjadinya transmisi virus dari satu orang ke orang lainnya.

Mudik dalam wilayah aglomerasi tertentu atau mudik lokal sempat dibolehkan, tetapi kini semua jenis mudik dilarang.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Hal itu ditegaskan oleh Juri Bicara Satgas Covid-19, Wiku Adisasmito dalam konferensi pers di Kantor Presidenan, Jumat (6/5/2021) dan disiarkan melalui kanal YouTube Sekretariat Presiden.

"Untuk memecah kebingungan yang ada di masyarakat terkait mudik lokal di wilayah aglomerasi, saya tegaskan bahwa Pemerintah melarang apapun bentuk mudik, baik lintas provinsi maupun dalam satu wilayah kabupaten/kota aglomerasi," kata Wiku.

Baca juga: Mudik Lokal di Wilayah Aglomerasi Dilarang, Ini Aturan dan Sanksinya

2. India

Gelombang kedua Covid-19 di India benar-benar membuat sistem kesehatan kolaps.

Tak hanya di Mumbai atau wilayah perkotaan, kondisi di wilayah pedesaan, pinggiran, dan daerah rural lain juga tak kalah memilukan.

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X