Kompas.com - 07/05/2021, 15:30 WIB
Ruang minimalis yang mudah dirapikan. Unsplash/Jacalyn BealesRuang minimalis yang mudah dirapikan.

KOMPAS.com - Rumah tak selalu berbau khas yang menyenangkan. Ada kalanya rumah memiliki bau tak sedap yang bisa ditimbulkan oleh berbagai hal.

Setiap orang pasti menginginkan huniannya berbaru harum menyegarkan layaknya lobi hotel. Namun meski rumah sudah dibersihkan dan diberi pengharum khusus ruangan, akan selalu ada polusi udara yang mencemari kenyamanan isi rumah.

Sumber bau tak sedap ini bisa dari banyak hal. Namun kebanyakan, baru harum tak sedap yang merusak estetika rumah bersumber dari hal yang itu-itu saja.

Berikut ini adalah 7 sumber aroma tak sedap dalam rumah dan bagaimana cara mengatasinya:

Baca juga: Hati-hati, Ini 5 Kesalahan dalam Membersihkan Rumah

1. Tempat sampah

Yang paling berpotensi menguarkan bau tak sedap dalam rumah adalah tempat sampah yang ada di dapur Anda.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Di tempat sampah ini, Anda terbiasa membuang sampah kering juga sampah basah ke dalamnya.

Sedikit saja dari bahan makanan basah yang terjun bebas ke tempat sampah, bisa mengalami pembusukan dan mengeluarkan aroma yang bertahan berlama-lama di dalamnya meski Anda sudah mengeluarkan sampah dan membuangnya ke tempat sampah.

Cara mengatasi aroma tak sedap di dalam rumah ini sebenarnya mudah. Yaitu bersihkan kotak tempat sampah Anda secara rutin.

Sikat dengan sabun pencuci piring atau deterjen untuk membersihkan sisa makanan dan bakteri yang menempel di dalamnya.

Melansir dari laman realsimple, jika kerak makanan susah hilang, tuangi dengan cairan pemutih pakaian atau baking soda. Diamkan sejenak, baru bilas bersih dengan menggunakan air sabun.

2. Binatang peliharaan

Halaman:

25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X