Kompas.com - 06/05/2021, 12:30 WIB
Laman pendaftaran UM PTKIN 2021 di https://um-ptkin.ac.id/. https://um-ptkin.ac.id/Laman pendaftaran UM PTKIN 2021 di https://um-ptkin.ac.id/.

KOMPAS.com – Kementerian Agama saat ini masih membuka pendaftaran Ujian Masuk Perguruan Tinggi Keagamaan Islam (UM PTKIN).

Pendaftaran UM PTKIN telah berlangsung sejak 1 April hingga 9 Mei 2021 melalui laman https://um-ptkin.ac.id/.

Pelaksanaan tes UMPTKIN 2021 akan dilaksanakan dengan sistem seleksi elektronik (SSE) berbasis Android.

“Ujian tulis dengan Sistem Seleksi Elektronik (SSE) secara daring akan dilaksanakan 24 Mei hingga 2 Juni 2021. Tahun ini, terdapat ujian baca tulis alquran yang juga telah masuk dalam Sistem Seleksi Elektronik (SSE)," ujar Ketua SPAN UM-PTKIN Mahmud dikutip dari laman Kemenag.

UM-PTKIN merupakan seleksi nasional seluruh Universitas Islam Negeri (UIN), Institut Agama Islam Negeri (IAIN), dan Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) dalam sistem terpadu.

Aplikasi yang digunakan dalam tes dipastikan mudah digunakan oleh peserta. 

“Aplikasi yang digunakan dapat di-download di Playstore. Apalikasi ini sangat mudah. Selain user friendly, aplikasi tersebut juga mampu mendeteksi kecurangan peserta dengan camera peserta yang mode-on sehingga dapat dipantau oleh pengawas,” kata Mahmud.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Pengumuman hasil UMPTKIN akan diumumkan pada 17 Juni 2021.

Ketentuan umum

Seperti disampaikan dalam laman resmi UMPTKIN, peserta yang ingin mengikuti UMPTKIN merupakan lulusan tahun 2019-2021 dari Satuan Pendidikan MA/MAK/SMA/SMK/Pesantren Muadalah atau yang setara dan memiliki izin dari Kementerian Agama RI.

Ketentuan lain, bagi lulusan tahun 2019 dan 2020 harus sudah memiliki ijazah.

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X