Kasus Virus Corona di Malaysia Naik, Ini Penyebabnya

Kompas.com - 04/05/2021, 17:40 WIB
Suasana Kuala Lumpur saat pembatasan karena virus corona, April 2020. Shutterstock/Hafiz JohariSuasana Kuala Lumpur saat pembatasan karena virus corona, April 2020.

KOMPAS.com – Direktur Jenderal Kesehatan Malaysia, Noor Hisham Abdullah, mengatakan, kenaikan kasus yang dialami Malaysia karena adanya kelelahan pandemi atau pandemic fatigue.

Ia menyebutkan, dalam sebulan terakhir kasus Covid-19 melonjak.

Pada April 2021, kata dia, ada penambahan 61.984 kasus infeksi virus corona dan 235 orang meninggal dunia.

“Lonjakan kasus Covid-19 baru-baru ini antara lain disebabkan oleh kelelahan pandemi,” ujar Noor, seperti dikutip dari The Star, Selasa (4/5/2021).

Akibat kelelahan pandemi yang dialami masyarakat, menurut dia, masyarakat menjadi terlena dan abai terhadap kepatuhan protokol kesehatan.

Hal ini memicu naiknya angka kasus Covid-19.

Selain itu, pelonggaran aturan juga berkontribusi pada peningkatan kasus. 

“Selain itu, aturan dilonggarkan, sektor ekonomi dibuka kembali, diadakan temu massal. Ini berkontribusi terhadap lonjakan kasus di mana-mana,” kata dia.

Dengan temuan mutasi baru virus corona, lanjut Noor, menambah kekhawatiran menghadapi situasi saat ini. 

Rumah sakit-rumah sakit juga berjuang menangani pasien. 

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X