Kompas.com - 02/05/2021, 17:09 WIB
Orang-orang menyusun mayat korban meninggal karena Covid-19 di sebuah krematorium, di New Delhi, India, Sabtu, 24 April 2021 AP PHOTO/ALTAF QADRIOrang-orang menyusun mayat korban meninggal karena Covid-19 di sebuah krematorium, di New Delhi, India, Sabtu, 24 April 2021

KOMPAS.com - Tingginya angka kematian akibat Covid-19 dan minimnya akses kesehatan membuat warga India semakin putus asa.

Orang-orang beralih dari rumah sakit dan memilih tindakan alternatif, seperti praktik dukun untuk membantu menyembuhkan mereka dari Covid-19.

Melansir The Independent, Jumat (30/4/2021), Kepala Pengobatan di Rumah Sakit Kristen Chinchpada Maharashtra, dr Ashita Rebecca Singh mengatakan bahwa mereka yang pergi ke dukun percaya bahwa infeksi virus corona akibat adanya "roh jahat".

Baca juga: WHO: Situasi di India Bisa Terjadi di Mana Saja

RS jadi pilihan terakhir

Singh bekerja di bagian terpencil negara bagian Maharashtra.

Dia melihat beberapa dari pasien Covid-19 memiliki tanda cap di perut mereka.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Tanda itu diidentifikasi merupakan cap dari dukun yang telah berusaha mengusir "roh jahat". Roh inilah yang mereka yakini menyebabkan infeksi.

Menurut dokter, beberapa lainnya telah melarikan diri dari desa mereka karena mengira "roh jahat" adalah penyebab kematian orang.

Baca juga: Melihat Penanganan Covid-19 di India...

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X