Cerita Stasiun Cipeundeuy, Semua KA Wajib Berhenti di Sini Saat Melintas

Kompas.com - 02/05/2021, 15:30 WIB
Keberangkatan kereta api di Stasiun Surabaya Gubeng DOK. PT KAI DAOP 8 SURABAYAKeberangkatan kereta api di Stasiun Surabaya Gubeng

KOMPAS.com - Tak seperti stasiun kereta api lainnya, Stasiun Cipeundeuy yang terletak di Garut, Jawa Barat, memiliki keistimewaan tersendiri.

Pasalnya, semua kereta api baik itu kelas ekonomi maupun eksekutif, diwajibkan berhenti di stasiun tersebut dan dilarang untuk berjalan langsung.

Hal tersebut tak urung menimbulkan pertanyaan di kalangan masyarakat.

Stasiun tersebut hanya stasiun kecil, seharusnya tak masalah jika kereta api melintas tanpa harus berhenti.

Namun, di balik kisah itu, ternyata ada alasan yang cukup vital di balik itu semua.

Baca juga: Artis Baru Railfans, KAI Pasang Livery Ketupat di Lokomotif untuk Sambut Ramadhan

Penjelasan KAI

Saat dihubungi, Manajer Humas Daop 2 Bandung, Kuswardoyo membenarkan bahwa semua kereta api diwajibkan berhenti di stasiun tersebut.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Stasiun Cipeundeuy yang merupakan stasiun kelas 2 itu memiliki letak yang cukup tinggi, yaitu 772 meter di atas permukaan laut.

"Jadi dengan posisi yang cukup tinggi tersebut mengharuskan semua kereta api yang masuk ke stasiun tersebut untuk berhenti di sana," tutur Kuwardoyo, saat dihubungi Kompas.com, Minggu (2/5/2021).

Saat berhenti, akan dilakukan pemeriksaan rem dan rangkaian kereta.

Bukan tanpa alasan, kereta yang masuk ke Stasiun Cipeundeuy sebelumnya telah melewati tanjakan yang cukup curam dan akan melewati turunan yang juga curam

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X