Kompas.com - 02/05/2021, 13:30 WIB
Masjid Sultan Ahmed atau dikenal Masjid Biru di Istanbul, Turki. Kompas.com/Silvita AgmasariMasjid Sultan Ahmed atau dikenal Masjid Biru di Istanbul, Turki.

KOMPAS.com - Masjid adalah tempat beribadah umat muslim. Meski memiliki pola desain tertentu yang menjadi ciri khas sebuah masjid, namun arsitektur masjid berbeda-beda di tiap daerah atau negara.

Desain arsitektur masjid biasanya mengikuti ciri khas desain arsitektur yang ada di tempat atau negara masing-masing.

Sehingga secara keseluruhan, selain menyimbolkan napas Islami, masjid juga bisa menjadi simbol sejarah, kebudayaan, dan jati diri dari sebuah kota atau negara.

Berikut ini adalah arsitektur masjid dari berbagai penjuru dunia, yang dinilai memiliki keindahan tersendiri dibanding masjid-masjid pada umumnya.

1. Masjid Biru Istanbul

Masjid Biru atau Masjid Sultan Ahmed saat senja hari di Istanbul, Sultanahmet park.OPIS Zagreb / Shutterstock.com Masjid Biru atau Masjid Sultan Ahmed saat senja hari di Istanbul, Sultanahmet park.
Seperti diberitakan Kompas.com (14/07/2020), Masjid Biru atau Masjid Sultah Ahmed ini sudah berdiri sejak tahun 1600-an.

Masjid Ottoman yang memiliki enam menara ini dilengkapi dengan lantai biru membentang, sehingga oleh banyak orang dijuluki dengan nama Masjid Biru.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Masjid Biru tak hanya sebagai pusat religi saja, namun juga menjadi destinasi banyak orang karena kemegahannya memang tak terkira.

Dilengkapi dengan banyak fitur kubah, setengah kubah dan menara yang tinggi ramping, masjid ini keluar dari koridor gaya arsitektus khas Ottoman.

Sejumlah 21.043 lantai biru yang menawan didatangkan langsung dari Iznik, yaitu kota yang terletak sekitar 90 KM dari tenggara Istanbul.

Baca juga: Masjid Agung Sunda Kelapa dan Makna di Balik Atap Berbentuk Perahu

Halaman Selanjutnya
Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X