Kompas.com - 01/05/2021, 17:20 WIB
Ilustrasi sakit gigi. ShutterstockIlustrasi sakit gigi.

KOMPAS.com - Banyak gigi terdera ngilu sehabis mengonsumsi takjil saat buka puasa. Hal ini disebabkan karena gigi terkena minuman dingin atau tersentuh sajian-sajian dengan kadar gula dan kasar asam terlalu tinggi. 

Gigi ngilu tentu saja merusak suasana berbuka. Bisa jadi, setelah ngilu bertandang, Anda jadi tak semangat untuk mengudap sajian utama.

Ngilu pada gigi bisa terjadi jika gigi terkena rangsangan dari luar. Dimana pada gigi sensitif, ujung-ujung sarafnya sangat peka ketika memperoleh rangsangan.

Pada dasarnya tiap gigi memiliki sistem saraf yang menangkap rangsangan dan meneruskannya ke otak. Dalam kondisi normal, rangsangan ini bisa diterima gigi dengan baik. Namun di beberapa kasus, ransangan ini menimbulkan reaksi ngilu yang berlebihan.

Dokter gigi Grace W. Susanto, dalam bukunya Gigu Gigi dan Gusi, menyatakan bahwa gigi yang sering ngilu adalah pertanda gigi dalam kondisi tak baik-baik saja, alias ada bagian gigi yang tak sempurna atau dalam kondisi sakit.

Baca juga: Pencegahan dan Penanganan Sakit Gigi Selama Puasa

Penyebab gigi ngilu

Ketika email rusak, maka gigi akan lebih peka rangsanganUnsplash/Amr Toha Ketika email rusak, maka gigi akan lebih peka rangsangan
Gigi dibentuk oleh beberapa lapisan. Lapisan terluar adalah email yang melindungi bagian gigi yang ada di dalamnya termasuk serabut-serabut saraf.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Email inilah yang bertugas menahan rangsangan dari luar, agar reaksi tidak dirasakan berlebihan. Jika lapisan email menipis atau rusak maka bagian peka rasa yang ada di dalamnya akan lebih mudah menangkap rangsangan yang datang pada gigi.

Ketika kerusakan sudah menembus dentin, yaitu lapisan di bawah email, maka rongga akan terbuka dan saraf bisa meradang. 

Di kondisi ini, tak hanya rasa ngilu saja yang datang, namun juga nyeri berdenyut khasnya sakit gigi yang terkenal sangat menyiksa.

Rusaknya email hingga terbentuknya lubang pada dentin dimulai dari adanya sisa makanan yang tertinggal pada  gigi dan bertemu kuman-kuman di dalam mulut.

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X