Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

[HOAKS] Penutupan Gerbang Tol Pejagan untuk Mudik Lebaran 2021

Kompas.com - 01/05/2021, 13:00 WIB
Tim Cek Fakta

Penulis

Sumber Kompas.com
hoaks

hoaks!

Berdasarkan verifikasi Kompas.com sejauh ini, informasi ini tidak benar.

KOMPAS.com - Sebuah video yang menyebutkan adanya penyekatan arus lalu lintas pemudik Lebaran 2021, beredar di aplikasi chat WhatsApp.

Dalam video yang beredar itu, penyekatan arus lalu lintas dilakukan di Gerbang Tol Pejagan Ruas Jalan Tol Kanci-Pejagan.

Dari penelusuran tim Cek Fakta Kompas.com, informasi tersebut tidak benar alias hoaks.

Video yang beredar itu merupakan video penyekatan arus lalu lintas pemudik Lebaran 2020.

Pihak Manajemen Operasi Ruas Tol Kanci Pejagan telah mengonfirmasi, sampai saat ini kondisi arus lalu lintas di Gerbang Tol Pejagan masih normal tanpa penyekatan.

Narasi yang beredar

Informasi tersebut beredar di aplikasi chat WhatsApp dalam bentuk video yang telah cukup banyak di-forward.

Dengan durasi tak sampai semenit, video tersebut merekam aktivitas petugas sedang menutup Gerbang Tol Pejagan.

Selain itu, terdapat pula audio yang menjelaskan bahwa Tol Kanci-Pejagan ditutup untuk pengendara dari arah Jakarta menuju ke Jawa Tengah.

Tangkapan layar video beredar di WhatsApp memperlihatkan penyekatan Gerbang Tol Pejagan. Video disebut diambil menjelang Lebaran 2021Screenshot Tangkapan layar video beredar di WhatsApp memperlihatkan penyekatan Gerbang Tol Pejagan. Video disebut diambil menjelang Lebaran 2021

Penelusuran Kompas.com

Untuk mengetahui kebenaran video tersebut, tim Cek Fakta Kompas.com mengambil tangkapan layar video dan menelusurinya menggunakan fitur pencarian gambar di situs Yandex.

Hasilnya, ditemukan sejumlah link media sosial yang mengunggah video serupa.

Salah satu video diunggah oleh akun Info Seputar Kudus - ISK pada 28 April 2020.

Tangkapan layar video penyekatan Gerbang Tol Pejagan saat arus mudik Lebaran 2020Screenshot Facebook: Info Seputar Kudus - ISK Tangkapan layar video penyekatan Gerbang Tol Pejagan saat arus mudik Lebaran 2020

Dari penelusuran itu, dapat dipastikan jika video yang baru-baru ini beredar di WhatsApp merupakan video lama, yang sudah beredar sejak 2020.

Adapun kabar penyekatan arus lalu lintas pemudik Lebaran 2021 di Gerbang Tol Pejagan sudah diklarifikasi oleh pihak pengelola jalan tol.

Diberitakan Kompas.com, Sabtu (1/5/2021) Tol Kanci-Pejagan merupakan salah satu ruas jalan tol yang dikelola oleh PT Semesta Marga Raya.

Manajemen Operasi Ruas Tol Kanci Pejagan telah mengonfirmasi, sampai saat ini kondisi arus lalu lintas di Gerbang Tol Pejagan masih normal tanpa penyekatan.

HOAKS ATAU FAKTA?

Jika Anda mengetahui ada berita viral yang hoaks atau fakta, silakan klik tombol laporkan hoaks di bawah ini

closeLaporkan Hoaks checkCek Fakta Lain
Berkat konsistensinya, Kompas.com menjadi salah satu dari 49 Lembaga di seluruh dunia yang mendapatkan sertifikasi dari jaringan internasional penguji fakta (IFCN - International Fact-Checking Network). Jika pembaca menemukan Kompas.com melanggar Kode Prinsip IFCN, pembaca dapat menginformasikannya kepada IFCN melalui tombol di bawah ini.
Laporkan
Halaman:
Sumber Kompas.com
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com