Kompas.com - 01/05/2021, 11:04 WIB
Ilustrasi kue kering cokelat. PIXABAY/ JUAN LUIS MUNOZIlustrasi kue kering cokelat.

KOMPAS.com – Kue kering merupakan salah satu sajian yang selalu dijumpai tersaji saat Lebaran.

Pembuatan kue kering pun sudah dimulai di tengah pelaksanaan ibadah puasa. Jika ingin membuat kue kering, ada hal-hal yang perlu diketahui.

Salah satunya penggunaan tepung yang tepat. Salah menggunakan jenis tepung, pasti hasilnya tidak akan sesuai yang diharapkan. 

Di pasaran, terdapat tiga jenis tepung terigu yang dikenal yakni tepung terigu berprotein tinggi, sedang, dan rendah.

Baca juga: Tips Menyimpan Kue Kering Lebaran agar Awet Renyahnya

Manakah tepung yang paling baik digunakan untuk membuat kue kering?

Saat dihubungi Kompas.com, Kamis (29/4/2021), Pastry Chef The Alana Hotel and Convention Center Yogyakarta, Chef Zaenal, menjelaskan, tepung yang paling baik dipakai untuk membuat kue kering adalah tepung terigu protein sedang.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

“Kenapa pakai sedang? Biar enggak terlalu berat cookies-nya. Enggak terlalu padat,” ujar Chef Zaenal.

Zenal menjelaskan, perbedaan tepung terigu berprotein tinggi, sedang, maupun rendah terletak pada kandungan gluten di dalamnya.

Biasanya jika membeli tepung sudah ada keterangan kandungan protein pada terigu. Jika tidak, kita bisa melihatnya dengan cara memberi air pada tepung tersebut. 

“Kalau dicuci semakin kental maka semakin tinggi proteinnya. Kalau dicuci makin cair, enggak ada gumpalan berarti semakin rendah,” kata dia.

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X