5 Kebiasaan Sehabis Makan yang Sebaiknya Dihindari Ketika Berbuka Puasa

Kompas.com - 29/04/2021, 18:05 WIB
Lima kebiasaan yang harus dihindari sehabis makan iftar Unplash/Gor DavtyanLima kebiasaan yang harus dihindari sehabis makan iftar

KOMPAS.com - Beberapa orang memiliki kebiasaan masing-masing yang dilakukannya sehabis makan besar, termasuk makan di waktu buka puasa

Ada yang mengantuk dan memilih untuk tiduran barang sejenak, ada yang memilih merokok sambil menyesap teh atau kopi panas, beberapa justru menyempurnakan sajian dengan banyak-banyak mengudap buah.

Beberapa kebiasaan ini, ternyata ada yang merugikan kesehatan. Bahkan kebiasaan makan buah sehabis makan dan minum teh pun, tidak disarankan oleh beberapa ahli medis.

Hal ini seperti dilansir dari Healthsupportmag, bahwa minum teh sehabis makan dengan harapan teh akan melancarkan sistem pencernaan adalah pola pikir yang salah.

Beberapa kebiasaan tak membawa manfaat, justru akan merugikan kesehatan Anda. Berikut ini adalah beberapa kebiasaan yang sebaiknya dihindari setelah makan besar:

Baca juga: Berolahraga Saat Puasa, Bagaimana Sebaiknya?

1. Makan seporsi besar buah

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Ilustrasi buah naga potong.PEXELS/ANY LANE Ilustrasi buah naga potong.
Buah sebaiknya dikonsumsi satu jam sebelum makan besar atau dua jam setelah Anda menghabiskan sepiring nasi beserta lauk pauk lengkapnya.

Buah-buahan yang kaya serat memang mudah dicerna oleh tubuh. Namun jika dimakan sehabis Anda makan nasi dan lauk pauk, maka kandungan buah tak bisa dipecah secara sempurna oleh tubuh. Efeknya, kandungan gizinya tak akan terserap secara sempurna.

2. Mandi setelah makan

Ilustrasi mandi di showershutterstock Ilustrasi mandi di shower
Kerja sistem cerna akan terhenti atau terhambat ketika Anda memutuskan mandi setelah kekenyangan karena makan besar.

Halaman Selanjutnya
Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X