Kompas.com - 29/04/2021, 17:05 WIB
Ilustrasi ShutterstockIlustrasi

KOMPAS.com - Pemerintah memastikan tunjangan hari raya (THR) bagi pegawai negeri sipil (PNS) 2021 bakal dicairkan secara bertahap.

Pencairan akan dibayarkan pada H-10 sampai H-5 Lebaran 2021.

"THR ini akan dibayarkan mulai 10 hari kerja sebelum hari raya Idul Fitri," ujar Presiden Joko Widodo seperti dalam video Keterangan Pers Presiden Jokowi mengenai Peraturan Pemerintah tentang Tunjangan Hari Raya yang diunggah oleh akun YouTube Sekretariat Presiden Kamis (29/4/2021).

Baca juga: 5 Hal yang Perlu Diketahui soal THR PNS 2021, dari Aturan hingga Besarannya...

Jokowi menegaskan, pemberian THR merupakan salah satu program pemerintah untuk mendorong peningkatan konsumsi, daya beli, dan diharapkan menjadi daya ungkit perekonomian nasional.

"Ramadhan dan Idul Fitri diharapkan menjadi salah satu momentum mendorong konsumsi masyarakat. Menaikkan pertumbuhan ekonomi," imbuhnya. 

Sementara itu, Kementerian Keuangan (Kemenkeu) mengungkapkan adanya kategori PNS yang tidak mendapat THR 2021.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

 

Ketentuan tersebut tertuang dalam Peraturan Menteri Keuangan (PMK) RI Nomor 42/PMK.05/2021 tentang Petunjuk Teknis Pelaksanaan Pemberian Tunjangan Hari Raya dan Gaji Ketiga Belas kepada Aparatur Negara, Pensiunan, Penerima Pensiun, dan Penerima Tunjangan Tahun 2021 yang Bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara.

Baca juga: Mengintip Jejak THR PNS, Dicetuskan Kabinet Sukiman, Diprotes Buruh hingga Cair 15 Mei 2020

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X