Kompas.com - 29/04/2021, 14:58 WIB
Ilustrasi simulasi tes CAT BKN KOMPAS.com/Akbar BhayuIlustrasi simulasi tes CAT BKN

KOMPAS.com - Badan Kepegawaian Negara (BKN) menyediakan fasilitas simulasi tes berbasis computer assisted test (CAT).

Seperti diketahui, CAT akan digunakan sebagai metode tes dalam seleksi sekolah kedinasan (Dikdin) bahkan calon pegawai negeri sipil (CPNS).

Simulasi CAT BKN ini dapat diakses secara online oleh seluruh masyarakat di Indonesia, melalui laman cat.bkn.go.id/simulasi.

Dalam portal tersebut, disajikan sejumlah soal yang mencakup materi yang akan diujikan dalam seleksi kompetensi dasar (SKD).

Baca juga: Aturan Baru Tes CPNS 2021, Tahapan Seleksi, dan Pemasangan Kamera di Komputer Ujian

Simulasi CAT BKN ini diharapkan dapat membantu masyakarat mengenal sistem yang akan digunakan saat tes dan belajar tipe soal yang akan diujikan saat SKD.

Saat dihubungi Kompas.com, Plt Kepala Biro Hubungan Masyarakat, Hukum, dan Kerja Sama BKN, Paryono, menjelaskan, mereka yang akan menjajal simulasi ini harus terlebih dulu mendaftarkan diri.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

BKN memberikan batasan kuota setiap harinya, yang hanya sebanyak 2.500 orang pendaftar per harinya.

“Bisa (sudah dapat diakses). Tapi harus daftar dulu dan terbatas setiap hari,” kata Paryono melalui pesan WhatsApp, Kamis (29/4/2021) siang.

Bagi yang telah mempunyai akun, dapat mengakses simulasi CAT kapan saja.

Cara daftar

Melansir situs resmi, akses laman cat.bkn.go.id/simulasi, kemudian pilih ‘Daftar Gratis’ di bagian kanan bawah.

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X