Update Corona India: AS dan Inggris Kirim Ventilator dan Bahan Vaksin

Kompas.com - 26/04/2021, 16:30 WIB
Petugas kesehatan bersiap untuk mengambil dari jenazah ambulans enam orang yang meninggal karena Covid-19 untuk dikremasi, di New Delhi, India, Senin (19/4/2021). AP PHOTO/ MANISH SWARUPPetugas kesehatan bersiap untuk mengambil dari jenazah ambulans enam orang yang meninggal karena Covid-19 untuk dikremasi, di New Delhi, India, Senin (19/4/2021).

KOMPAS.com - Amerika Serikat dan Inggris segera mengirimkan bantuan ventilator dan bahan vaksin ke India yang tengah memerangi gelombang kedua pandemi Covid-19.

Perdana Menteri Inggris Boris Johnson mengatakan, pasokan pertama dari sembilan peti kemas maskapai penerbangan dari Inggris, termasuk ventilator dan konsentrator oksigen, direncanakan tiba di India Selasa (27/4/2021) pagi.

Pihaknya juga berjanji untuk memberi bantuan India semaksimal mungkin.

Baca juga: Situasi India Saat Ini: Orang-orang Sekarat, Kondisi Tak Terkendali...

Bantuan AS dan negara Eropa

Sementara itu, Amerika Serikat mengatakan sedang membuat bahan produksi vaksin, terapi, tes, ventilator, dan peralatan pelindung yang segera tersedia untuk India.

Namun, mereka tidak menyebutkan apakah akan mengirim vaksin AstraZeneca yang saat ini sedang surplus di AS.

Selama empat hari berturut-turut, India memecahkan rekor dunia kasus Covid-19 harian yang mengakibatkan penuhnya rumah sakit dan krematorium.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Lonjakan dalam beberapa hari terakhir memaksa keluarga pasien meminta pasokan oksigen dan lokasi tempat tidur rumah sakit yang tersedia melalui media sosial.

Negara berpenduduk 1,3 miliar itu telah menjadi hotspot terbaru dari pandemi yang telah menewaskan lebih dari tiga juta orang.

"Dia terengah-engah, kami melepas masker wajahnya dan dia menangis dan berkata 'selamatkan saya, tolong selamatkan saya'," kata seorang warga bernama Mohan Sharma, dikutip dari AFP, Senin (26/4/2021).

"Tapi saya tidak bisa berbuat apa-apa. Saya hanya melihatnya mati," sambungnya.

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X