Kompas.com - 25/04/2021, 16:30 WIB
Ilustrasi ayam ShutterstockIlustrasi ayam

KOMPAS.com - Bagi orang-orang yang tinggal di pedesaan Indonesia, memelihara ayam di pekarangan rumah adalah hal biasa dan lumrah dijumpai.

Akan tetapi, bagaimana jadinya jika pemandangan itu ada di salah satu daerah paling modern dan berisi penduduk berpendapatan tertinggi di dunia?

Ya, memelihara ayam di pekarangan rumah rupanya tengah menjadi tren tersendiri di kalangan penduduk Silicon Valley, California, Amerika Serikat.

Warga yang tinggal di daerah tempat perusahaan-perusahaan teknologi besar dunia bermarkas itu bahkan rela merogoh kocek hingga 300 dollar AS atau sekitar Rp 4,3 juta untuk membeli seekor ayam.

Usut punya usut, ternyata kegiatan memelihara ayam kampung itu dianggap sebagai cara yang lebih ramah lingkungan untuk mendapatkan telur, ketimbang bergantung pada telur yang diproduksi oleh industri peternakan ayam.

Baca juga: Mengenal Silicon Valley: Lembah Teknologi Acuan Bukit Algoritma Sukabumi

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Lantas, seperti apa kisahnya?

Melansir tayangan video Business Insider, Sabtu (24/4/2021) Leslie Citroen, seorang pedagang ayam di Silicon Valley mengatakan, para pembeli ayamnya lebih menyukai warna telur yang dihasilkan oleh ayam tersebut.

"Orang-orang tidak lagi puas dengan telur berwarna putih atau cokelat, jadi mereka mencari warna-warna yang lebih tidak lazim. Telur dari ayam jenis Easter sangat, sangat populer, karena berwarna hijau atau biru," kata Citroen.

"Itu membuat orang bisa dengan bangga mengatakan 'Hei telur-telur ini tidak kubeli dari Whole Foods (supermarket). Aku menghasilkannya dari pekaranganku,'" kata Citroen melanjutkan.

Ayam petelur di Amerika Serikat, umumnya dihargai 2-5 dollar AS per ekor, atau sekitar Rp 29-72 ribu.

Baca juga: Bocah 12 Tahun Dikurung di Bekas Kandang Ayam, Ini Saran Dokter Spesialis Jiwa

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X