Hari Ini Dalam Sejarah: Kecelakaan Pesawat di Kepulauan Canary, 146 Penumpang Tewas

Kompas.com - 25/04/2021, 16:20 WIB
Ilustrasi kecelakaan pesawat Shutterstock/Frank PetersIlustrasi kecelakaan pesawat

KOMPAS.com - Sebuah pesawat Boeing 727 Dan-Air mengalami kecelakaan di Tenerife, Kepulauan Canary, Spanyol, pada 25 April 1980, atau tepatnya 41 tahun lalu. 

Sebanyak 146 orang meninggal dunia akibat kecelakaan pesawat tersebut. 

Baca juga: Mengenal Burj Khalifa, Gedung Tertinggi di Dunia

Kecelakaan mengerikan ini terjadi selang tiga tahun setelah kecelakaan lain yang lebih mematikan di bandara Kepulauan Canary.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Kecelakaan sebelumnya terjadi pada 1977. Sebuah jet jumbo KLM bertabrakan dengan pesawat Pan Am di landasan pacu dan menewaskan 570 orang.

Dua kecelakaan pesawat ini disebakan karena masalah komunikasi antara pesawat dan pengawas lalu lintas udara. Belum lagi diperparah dengan kondisi berkabut yang sudah berbahaya.

Kronologi kejadian

Melansir History.com, pada 25 April 1980, sebuah jet sewaan tiba dari Manchester, Inggris membawa 138 penumpang, menuju pantai Tenerife, bersama 8 awak pesawat.

Navigasi yang tidak akurat oleh pilot jadi awal tragedi. Mereka memberi tahu pengawas lalu lintas udara bahwa pesawat berada satu mil di sebelah timur dari posisi mereka yang sebenarnya.

Baca juga: Semboyan Wira Ananta Rudira Trending di Twitter, Ini Asal Usulnya

Bandara tersebut tidak memiliki kemampuan radar pada saat itu dan mengizinkan pesawat untuk turun ke ketinggian 6.000 kaki dan menunggu untuk ditugaskan di area pendaratan.

Selama momen kritis berikutnya, awak pesawat dan pengawas lalu lintas udara mengalami kesulitan berkomunikasi mengenai lokasi pesawat dan bagaimana tindakan selanjutnya.

Akhirnya, pilot, yang bingung dengan perintah yang diberikan oleh pengawas lalu lintas udara, mengarahkan pesawatnya langsung ke pegunungan di pulau kecil itu.

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X