Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hari Ini Dalam Sejarah: Kecelakaan Pesawat di Kepulauan Canary, 146 Penumpang Tewas

Kompas.com - 25/04/2021, 16:20 WIB
Rosy Dewi Arianti Saptoyo,
Rizal Setyo Nugroho

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Sebuah pesawat Boeing 727 Dan-Air mengalami kecelakaan di Tenerife, Kepulauan Canary, Spanyol, pada 25 April 1980, atau tepatnya 41 tahun lalu. 

Sebanyak 146 orang meninggal dunia akibat kecelakaan pesawat tersebut. 

Baca juga: Mengenal Burj Khalifa, Gedung Tertinggi di Dunia

Kecelakaan mengerikan ini terjadi selang tiga tahun setelah kecelakaan lain yang lebih mematikan di bandara Kepulauan Canary.

Kecelakaan sebelumnya terjadi pada 1977. Sebuah jet jumbo KLM bertabrakan dengan pesawat Pan Am di landasan pacu dan menewaskan 570 orang.

Dua kecelakaan pesawat ini disebakan karena masalah komunikasi antara pesawat dan pengawas lalu lintas udara. Belum lagi diperparah dengan kondisi berkabut yang sudah berbahaya.

Kronologi kejadian

Melansir History.com, pada 25 April 1980, sebuah jet sewaan tiba dari Manchester, Inggris membawa 138 penumpang, menuju pantai Tenerife, bersama 8 awak pesawat.

Navigasi yang tidak akurat oleh pilot jadi awal tragedi. Mereka memberi tahu pengawas lalu lintas udara bahwa pesawat berada satu mil di sebelah timur dari posisi mereka yang sebenarnya.

Baca juga: Semboyan Wira Ananta Rudira Trending di Twitter, Ini Asal Usulnya

Bandara tersebut tidak memiliki kemampuan radar pada saat itu dan mengizinkan pesawat untuk turun ke ketinggian 6.000 kaki dan menunggu untuk ditugaskan di area pendaratan.

Selama momen kritis berikutnya, awak pesawat dan pengawas lalu lintas udara mengalami kesulitan berkomunikasi mengenai lokasi pesawat dan bagaimana tindakan selanjutnya.

Akhirnya, pilot, yang bingung dengan perintah yang diberikan oleh pengawas lalu lintas udara, mengarahkan pesawatnya langsung ke pegunungan di pulau kecil itu.

Akibat kondisi mendung yang intens, para pilot tidak dapat melihat gunung di depan mereka.

Kecelakaan pesawat terjadi. Pesawat itu menabrak salah satu gunung di Kepulauan Canary. Pesawat berguling ke sisi gunung. Semua penumpang dan awak pesawat tewas.

Baca juga: Waspadai Pencurian Data KTP untuk Pinjaman Online, Berikut Cara Melindunginya

Tindakan pemerintah

Dilansir dari laman resmi Parlemen Inggris, pada 28 April 1980 pemerintah menggelar pertemuan atas kecelakaan Boeing 727 yang dioperasikan oleh Dan-Air Services Ltd.

Inggris terlibat dalam kecelakaan di Kepulauan Canary karena pesawat yang jatuh merupakan pesawat yang dioperasikan perusahaan dari Inggris.

Pihak berwenang Spanyol telah memulai penyelidikan untuk mencari penyebab kecelakaan. Tim penyelidik pun dikerahkan.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com