Ramai Zaskia Mecca Kritik Cara Bangunkan Sahur Teriak di Toa, Ini Kata MUI

Kompas.com - 24/04/2021, 17:30 WIB
Zaskia Adya Mecca di Plataran Jakarta Patio, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Kamis (14/3/2019). Kompas.com/Tri Susanto SetiawanZaskia Adya Mecca di Plataran Jakarta Patio, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Kamis (14/3/2019).

KOMPAS.com - Ramai di media sosial soal kritik artis Zaskia Adya Mecca, terhadap cara membangunkan sahur di toa masjid dengan cara berteriak-teriak.

Menurutnya, cara membangunkan sahur seperti itu akan mengganggu masyarakat yang lain.

Ia pun mengungkapkan keluhannya melalui akun Instagramnya, @zaskiadyamecca.

"Cuma mau nanya ini bangunin model gini lagi HITS katanya?! Trus etis ga si pake toa masjid bangunin model gini?? Apalagi kita tinggal di Indonesia yang agamanya pun beragam.. Apa iya dengan begini jadi tidak menganggu yang lain tidak menjalankan Shaur?!," tulis Zaskia.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Zaskia Adya Mecca (@zaskiadyamecca)

Dalam video unggahan Zaskia, terdengar suara dari seseorang yang membangunkan sahur dengan mula-mula menyapa masyarakat sekitar.

Beberapa saat kemudian, orang tersebut mengajak para warga sekitar untuk segera sahur. Ada kata "sahurrya" yang dikatakan orang itu.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Bapak-bapak, Ibu-ibu, Adik-adik warga RT 04 RW 09 dan sekitarnya, yang menjalankan ibadah puasa. Waktunya sahurrrrya, sahurrrya, sahurrrrrya! Sahur, sahur, sahur, sahur, sahur! Sahur, sahur, sahur, sahur, sahur, sahur! Bangun, bangun, bangun!" demikian bunyi dalam video Zaskia Adya Mecca.

Lantas, bagaimana tanggapan dari Kementerian Agama (Kemenag) dan Majelis Ulama (MUI)?

Baca juga: 72 Jam Lebih KRI Nanggala-402 Hilang, Ini Kemungkinannya Kata Pengamat

Tanggapan MUI dan Kemenag

Wakil Ketua MUI Anwar Abbas menilai, apa yang dilakukan orang tersebut untuk membangunkan sahur memiliki maksud yang baik.

Akan tetapi, pelaksanaannya tidak dilakukan dengan baik.

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X