Untuk Zakat Fitrah, Pilah Beras Berkualitas dengan Cara Ini

Kompas.com - 24/04/2021, 15:30 WIB
Cara memilih beras untuk zakat fitrah Pixabay/ImagePartyCara memilih beras untuk zakat fitrah

KOMPAS.com - Untuk zakat fitrah, jangan menggunakan beras sembarangan. Pilih beras yang berkualitas agar zakat Anda sempurna.

Sesuai diberitakan Kompas.com (23/04/2021), zakat fitrah adalah zakat yang diwajibkan atas semua jiwa, baik laki-laki atau perempuan muslim, yang dilakukan selama Ramadhan dan Idul Fitri.

Direktur Utama Badan Amil Zakat Nasional (Baznaz), Mohamad Arifin Purwakananta, mengatakan bahwa besaran pembayaran zakat fitrah di Indonesia setiap tahunnya adalah 2,5 kilogram beras atau 3,5 liter beras.

Jumlah takaran beras untuk zakat ini berlaku sama untuk seluruh wilayah di Indonesia.

Baca juga: Bagaimana Cara Menghitung Zakat Fitrah?

Cara memilih beras

Menjelang Idul Fitri, akan banyak bertumbuhan pedagang beras yang khusus menyediakan kemasan untuk zakat, yaitu per 2,5 kilogram.

Menurut Healthline, masa simpan beras sendiri memiliki satuan waktu yang berbeda-beda tergantung jenis beras.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Untuk beras coklat, hanya memiliki masa simpan 3 hingga 6 bulan saja dihitung sejak beras dikemas oleh pabrik.

Sedangkan beras putih yang dikonsumsi oleh sebagian besar masyarakat kita memiliki masa simpan lebih lama, yaitu hingga dua tahun dihitung semenjak beras dikemas dalam plastik-plastik atau karung khusus untuk beras.

Ilustrasi beras arborio khas Italia yang biasa dimasak jadi risotto. SHUTTERSTOCK/KATARZYNA HUROVA Ilustrasi beras arborio khas Italia yang biasa dimasak jadi risotto.

Jika Anda tak cermat dalam memilih beras-beras ini, bisa jadi Anda akan membeli beras yang kurang berkualitas dan kurang layak dikonsumsi.

Berikut adalah beberapa cara memilih beras yang masih berkualitas:

Halaman Selanjutnya
Halaman:

25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X