Kompas.com - 23/04/2021, 20:30 WIB
Tangkapan layar unggahan yang memperlihatkan adanya api membumbung ke langit diduga akibat kebakaran di Pertamina Tegal Gede, Cikarang. FacebookTangkapan layar unggahan yang memperlihatkan adanya api membumbung ke langit diduga akibat kebakaran di Pertamina Tegal Gede, Cikarang.
Penulis Tim Cek Fakta
|
EditorTim Cek Fakta
hoaks

hoaks!

Berdasarkan verifikasi Kompas.com sejauh ini, informasi ini tidak benar.

KOMPAS.com - Sebuah unggahan berisi informasi mengenai dugaan adanya kebakaran yang terjadi di Pertamina Tegal Gede, Cikarang, Jawa Barat, beredar di media sosial pada Senin, (19/4/2021).

Disebutkan bahwa masyarakat setempat melihat api yang menjulang ke udara dengan tekanan yang besar.

Saat dikonfirmasi, Pertagas meluruskan, api yang menjulang itu adalah api flaring pada kegiatan perawatan fasilitas.

Api bukan karena kebakaran yang terjadi di Pertamina Tegal Gede, Cikarang, Jawa Barat.

Narasi yang beredar

Berdasarkan penelusuran Kompas.com, akun Facebook Bekasikepo menuliskan narasi terkait ledakan api di Pertamina Tegal Gede, Cikarang, Senin (19/4/2021) pukul 18.45 WIB.

Tangkapan layar unggahan yang memperlihatkan adanya api membumbung ke langit diduga akibat kebakaran di Pertamina Tegal Gede, Cikarang.Facebook Tangkapan layar unggahan yang memperlihatkan adanya api membumbung ke langit diduga akibat kebakaran di Pertamina Tegal Gede, Cikarang.

"Warga panik ledakan api di Pertamina Tegal gede, cikarang Senin malam. PKL 18.45 (19/04)
#kebakaran #pertamina #meledak #api #gas #cikarang #bekasi," tulis Bekasikepo dalam postingan.

Unggahan itu juga dilengkapi dengan video berdurasi 1 menit 44 detik yang memperlihatkan api yang membumbung di udara secara melebar.

Hingga Rabu, (21/4/2021), unggahan itu sudah direspons sebanyak 13 kali dan dibagikan sebanyak 12 kali oleh pengguna Facebook lainnya.

Konfirmasi Kompas.com

Manager Communication Relations dan CSR Pertamina Gas Elok Riani Ariza menjelaskan, bahwa kejadian api yang membumbung ke udara bukan diakibatkan oleh kebakaran yang terjadi di Pertamina Tegal Sari, Cikarang, Jawa Barat.

"Bukan kebakaran. Api yang terlihat adalah api flaring pada kegiatan perawatan fasilitas kami di Tegal Gede," uajr Elok saat dihubungi Kompas.com, Rabu, (21/4/2021).

HOAKS ATAU FAKTA?

Jika Anda mengetahui ada berita viral yang hoaks atau fakta, silakan klik tombol laporkan hoaks di bawah ini

closeLaporkan Hoaks checkCek Fakta Lain
Berkat konsistensinya, Kompas.com menjadi salah satu dari 49 Lembaga di seluruh dunia yang mendapatkan sertifikasi dari jaringan internasional penguji fakta (IFCN - International Fact-Checking Network). Jika pembaca menemukan Kompas.com melanggar Kode Prinsip IFCN, pembaca dapat menginformasikannya kepada IFCN melalui tombol di bawah ini.
Laporkan
Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X